Bima Sakti Tetap Gelar Latihan di HUT Kemerdekaan RI ke 75

HUT RI ke 75 Pemain Timnas U-16 kembali latihan usai Upacara 17 Agustusan
HUT RI ke 75 Pemain Timnas U-16 kembali latihan usai Upacara 17 Agustusan (Foto : )
Bima Sakti tetap gelar latihan di HUT Kemerdekaan RI ke 75. Bima tidak ingin para pemain Timnas U-16 berleha leha selama menjalani pemusatan latihan lanjutan periode Agustus di Bekasi.
Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti tukiman sangat disiplin dalam memimpin para pemainnya menjalani pemusatan latihan nasional di Bekasi Jawa Barat. Bima memanggil 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan lanjutan Timnas U-16 periode Agustus.Bima mengawali pemusatan latihan 9 Agustus 2020 dan rencananya akan berakhir 30 Agustus 2020 mendatang. Bima tidak ingin membuang waktu meski latihan di hari Senin 17 Agustus 2020 bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75.Bedanya dalam latihan kali ini Bima menggelar upacara bendera lebih dahulu sebelum memulai latihan pagi. Usai upacara bendera yang dilakukan dengan sederhana di lintasan Treck Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Bima Sakti dan jajaran pelatih Timnas U-16 melanjutkan program latihan seperti biasa.Marcel Januar Putra dan kawan-kawan, kembali digenjot fisik, taktik, dan teknik permainan sepak bola mereka. Materi yang diberikan, Coach Bima dan jajaran pelatih Timnas U-16 merupakan bagian dari Filosofi Sepak Bola Indonesia.“Latihan hari ini, kita banyak pengulangan kembali tentang filosofi permainan kami, termasuk Filanesia di dalamnya. Karena itu dasar dan model permainan kita, nanti bagaimana taktik, strategi, build up dari bawah, secara konstruktif kemudian progresif, serta yang paling penting, pemain semua harus agresif,” jelas Bima.Selain mengajarkan permainan agresif dalam menyerang pertahanan lawan, Bima Sakti juga menekankan pentingnya kerjasama antar pemain dalam proses transisi dari bertehan ke menyerang atau sebaliknya dari menyerang untuk bersama sama menggalang pertahanan sejak dari lini pertahanan lawan.“Yang perlu ditekankan kembali adalah bagaimana mereka bisa menerapkan transisi baik dari bertahan ke menyerang, begitu pula sebaliknya. Itu sangat penting. Karena kita pemain kecil-kecil dan cepat-cepat, kita harus mengantisipasi agar kita tidak terkena serangan balik lawan,” kata Bima.[caption id="attachment_363099" align="alignnone" width="900"]
Timnas U-16 tetap latihan di HUT RI ke 75. Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti melakukan evaluasi terhadap hasil ujicoba saat mengalahkan Tim SSB PON Uni Bandung 2-0. Pemantauan terus dilakukan oleh Bima khususnya terhadap 12 pemain muka baru yang dipanggil di TC Lanjutan periode Agustus. (Foto : PSSI)[/caption]Latihan juga sebagai bagian dari evaluasi mereka, karena sebelumnya mereka mengadakan uji coba melawan tim SSB POR Uni Bandung. Dalam ujicoba pertama di akhir pekab pertama TC lanjutan periode Agustus tersebut, Achmad Athallah dan kawan kawan memetik kemenangan penting 2-0 atas SSB POR Uni Bandung.“Ini juga sekaligus evaluasi dari hasil uji coba sebelumnya. Transisi dari menyerang ke bertahan secara cepat, belum saya lihat, dan itu menjadi catatan saya untuk di evaluasi dan perbaiki agar bisa lebih kita tingkatkan lagi. Harapannya juga supaya pemain bisa lebih banyak mengerti,” ucap Bima.Timnas Indonesia U-16i ni dipersiapkan untuk menghadapi putaran final Piala AFC U-16  yang akan diselenggarakan di Bahrain pada 25 November hingga 12 Desember 2020. Alexandro Felix Kamuru dan kawan-kawan berada di Grup D bersama juara bertahan Jepang, dan 2 kali juara Piala Asia U-16 Arab Saudi, dan Cina.Empat tim semi final Piala AFC U-16 2020 akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru. Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi dua tahunan tersebut.