Para Capres Dapat Pujian dalam Debat Terakhir, Ini Alasannya

Para Capres Dapat Pujian dalam Debat Terakhir, Ini Alasannya
Para Capres Dapat Pujian dalam Debat Terakhir, Ini Alasannya (Foto : Istimewa)

Antv – Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal menyebut bahwa Presiden Indonesia selanjutnya harus mampu mengorkestrasi kelebihan maupun kekurangan dari para pemangku kebijakan bangsa ini.

Hal tersebut disampaikan Azhari dalam acara 'Ngobrol Bareng Debat Capres Bersama Trust Indonesia dan Institut STIAMI, pada Minggu malam, 4 Februari 2024.

"Siapapun yang akan memimpin, (Presiden) harus mampu mengorkestrasi kelebihan dan kekurangan dari setiap stakeholder bangsa ini," kata Azhari.

Menurutnya, pemimpin Indonesia selanjutnya pun harus dapat memberikan posisi jabatan kepada orang-orang yang mampu di bidangnya.

"Jadi jangan lagi posisikan bahwa kekuatan itu ada di kelompok tertentu, tetapi semuanya harus mendapatkan porsinya. Nah porsi itulah yang akan ditempatkan berdasarkan kapasitas masing-masing yang bisa bersumber dari Universitas atau Institut dan segala macamnya," ujar Azhari.

Selain itu, ia pun menganggap bahwa pemaparan gagasan dari ketiga calon presiden (capres) dalam debat terakhir merupakan baik untuk bangsa.

"Semua yang tadi kita lihat dari pemaparan pasangan calon 01, 02, 03 itu adalah calon pemimpin masa depan. Perkara beliau mendapatkan amanah dari bangsa atau tidak, semuanya sudah berupaya berkontribusi terhadap bangsa ini," ungkapnya.

"Nah yang perlu kita rajut hari ini sebenarnya adalah bagaimana ide dan gagasan yang muncul dari mereka bertiga mampu diorkestrasikan oleh siapapun nanti yang dipilih secara demokratis," sambungnya.