24 Tahun Berkarya, Rieka Roslan Merilis Single dan Music Video 'SEPI'

24 Tahun Berkarya, Rieka Roslan Merilis Single dan Music Video 'SEPI'
24 Tahun Berkarya, Rieka Roslan Merilis Single dan Music Video 'SEPI' (Foto : Istimewa)

Antv – Menandai perjalanan panjang selama 24 tahun berkarya di industri musik Indonesia, Rieka Roslan merilis single dan music videoSepi”. Rieka Roslan kembali meneruskan keinginannya untuk bercerita tentang karya-karyanya.

Setelah mengeluarkan single solo “Khayalan” di tahun 2022 lalu dilanjutkan dengan single “Dahulu” di tahun 2023, kini Rieka merilis single “Sepi”, lagu yang ditulis untuk mantan band yang dia dirikan The Groove dengan genre acid jazz. Single “Sepi” sangat popular di tahun 2001.

Mengambil momentum 24 tahun perjalanan karir Rieka Roslan di industri musik Indonesia di tahun 2023, Rieka Roslan mempersembahkan “Sepi”, lagu ini menjadi salah satu hits sepanjang masa di industri musik Indonesia dan masih sering kita dengar hingga saat ini.

Sebagai bagian dari merayakan perjalanan karirnya, Rieka Roslan akan meluncurkan satu persatu single hits yang dia ciptakan dan seluruh hits ini akan dikompilasikan dalam vinyl (piringan hitam) album “Story of My Life: Rieka Roslan” yang akan di cetak sangat terbatas.

“Sepi” dipilih sebagai lagu hits ketiga yang diluncurkan agar masyarakat bisa lebih mengenal perjuangan seorang composer atau penulis lagu yang jarang di ingat oleh pendengar walaupun lagu-lagunya mengisi hari-hari mereka.
 
“Saya sangat berharap di perjalanan 24 tahun karir saya di industri musik Indonesia saya bisa mewujudkan mimpi saya untuk mencetak album kompilasi yang berisi lagu-lagi hits yang saya ciptakan baik untuk mantan band saya The Groove maupun lagu-lagu hits yang saya ciptakan untuk penyanyi lain seperti, Iwan Fals, Krisdayanti, Sheila Majid dan Shanty.” Rieka menjelaskan.

“Setahun belakangan ini saya bersama beberapa teman pencipta lagu lainnya disibukkan dengan isu-isu seputar hak cipta, royalti dan peraturan perundang-undangannya sehingga akhirnya terbentuklah Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI) yang bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak pencipta lagu agar dapat lebih dihargai dan tidak dipandang sebelah mata di dalam industri musik Indonesia. Kegiatan di AKSI membuat saya lupa untuk mengeluarkan karya-karya saya berikutnya. Akhirnya pada hari ini saya merilis karya saya “Sepi” sebagai bagian dari perjuangan saya untuk mengedukasi pendengar musik Indonesia bahwa dibalik sebuah lagu hits yang sering kita dengarkan ada penulis lagu yang namanya harus diingat dan hak-haknya harus diperhatikan baik itu hak ekonomi dan juga hak moralnya.” Rieka menambahkan.
 
“Proses pembuatan single ini saya dibantu oleh teman-teman musisi saya seperti Ali Akbar yang mengaransemen ulang lagu ini. Selain itu saya juga dibantu oleh Echa Soemantri yang bermain drums, Ari Firman yang mengisi bass serta Topan Abimanyu pada gitar. Horn section ada Brury Effendy dan Bonny Buntoro yang meniup saxophone serta Dimas Pradipta yang meramu lagu ini dalam proses mixing dan mastering.” Rieka menjelaskan.
 
Yang tidak kalah menariknya dari single “Sepi” ini adalah music video nya. Music videonya di sutradarai oleh Ari Bias, seorang pencipta lagu hits. Di Music video “Sepi” ini, Rieka Roslan melibatkan generasi muda diantaranya ada Vania Aurellia dan Nadila Wantari yang dulunya mereka berdua tergabung di JKT48, ada Tata Early yang bermain bass pada video ini, kemudian ada Daffa Bagaskara seorang pendatang baru di industri musik Indonesia.

Selain itu ada murid-murid Rieka Roslan dari grup Svaragita yang terdiri dari Oktav dan Kaylene. Keterlibatan generasi muda ini dimaksudkan agar tercipta regenerasi yang baik di industri musik Indonesia. Yang lebih menarik lagi adalah cameo-cameo yang hadir pada music video ini diantaranya ada Piyu (Padi Reborn), Echa Soemantri, 3 Composer (Mario Kacang, Tengku Shafick, Bemby Noor) dan Wina.
 
Rieka menambahkan “Sebagai pencipta lagu saya memiliki kegelisahan, oleh karena itu saya ingin mengedukasi generasi muda agar dapat lebih menghargai pencipta lagu dengan berusaha mencari tau siapa pencipta dari lagu-lagu yang mereka dengarkan.