Punya Peran Penting di Asia, Indonesia Jadi Fokus di Renaissance of Indonesian Cinema BIFF 2023

Yulia Evina Bhara dan sineas lokal di konferensi pers BIFF 2023
Yulia Evina Bhara dan sineas lokal di konferensi pers BIFF 2023 (Foto : Dokumentasi ANTVKlik)

Antv – Para pelaku sinema Indonesia kini tengah gegap gempita menyambut program khusus Renaissance of Indonesian Cinema di Busan International Film Festival (BIFF) 2023.

Program spesial yang digelar oleh salah satu ajang perayaan sinema terbesar di Asia tersebut akan menayangkan setidaknya 12 judul film Indonesia.

Produser film Indonesia Yulia Evina Bhara dalam konferensi pers BIFF 2023 yang digelar hari ini, Senin, 2 Oktober 2023 di Gedung Kemendikbudristek mengatakan bahwa program khusus yang fokus di sebuauh negara sudah lazim diadakan di festival film.

“Memang ada fokus pada sebuah negara dan mereka akan memprogram film-film yang mereka ingin tayangkan. Jadi ini adalah program yang sangat sudah biasa dilakukan oleh festival-festival, karena mereka ingin mengapresiasi sinema dari negara tersebut,” katanya.

Tak dilakukan dengan sembarangan, proses programming film oleh pihak penyelenggara dilakukan tanpa campur tangan pihak luar, termasuk negara yang difokuskan.

img_title
Mouly Surya, Yulia Evina Bhara dan Kamila Andini. (Foto: Dokumentasi ANTVKlik)

Pemilihan Indonesia sebagai negara yang difokuskan di Busan International Film Festival 2023 sendiri didasarkan pada pertumbuhan sinema Indonesia yang sangat pesat bahkan dalam kondisi pasca pandemi Covid-19.