Pesawat C-130J-30 Super Hercules untuk TNI AU yang Ketiga Mendarat di Tanah Air

Pesawat C-130J-30 Super Hercules untuk TNI AU yang Ketiga
Pesawat C-130J-30 Super Hercules untuk TNI AU yang Ketiga (Foto : Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara)

Antv – Dispenau. Pesawat C-130J-30 Super Hercules TNI AU terbaru yang dibeli Pemerintah (Kemenhan RI), tiba di tanah air

Pesawat dengan tail number A-1343, merupakan Super Hercules ketiga  telah mendarat dengan baik di runway Lanud  Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Kedatangan pesawat A-1343 disambut oleh Pangkoopsudnas Marsdya TNI M.Tony Hardjono, S.E., M.M., dan sejumlah pejabat Kemhan dan TNI AU lainya.

Water salute (semburan air penghormatan) kepada pesawat dan pengalungan selempang kepada para kru A-1340, mengiringi kedatangan pesawat ketiga dari total lima unit yang di pesan pemerintah RI, dari pabrik Lockheed Martin di Marietta, Georgia Amerika Serikat. Dua pesawat sebelumnya, dengan tail number A-1339 dan A-1340 telah tiba pada bulan Maret dan Juli lalu. Penomoran loncat ke A-1343 karena nomer sebelumnya sudah digunakan pesawat Hercules TNI-AU lainnya.

Setelah mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, kedatangan pesawat disambut dengan tradisi water salute dan pengalungan selempang kepada empat kru pesawat oleh Pangkoopsudnas Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M.

Kedatangan pesawat ditanah air setelah melakukan ferry flight lebih dari 33 jam penerbangan (7 hari) dengan rute Marietta-San Diego-Honolulu-Kwajalein-Agana (Guam)-Jakarta.

img_title
Penyerahan Pesawat C-130J-30 Super Hercules untuk TNI AU. (Foto: Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara)