Ed Sheeran Dituduh Lakukan Plagiarisme, Begini Reaksinya

Ed Sheeran
Ed Sheeran (Foto : Instagram: @teddyphotos)

AntvPenyanyi asal Inggris Ed Sheeran saat ini tengah menjadi perhatian setelah muncul tuduhan bahwa lagu miliknya yang berjudul Thinking Out Loud disalin dari soul klasik Marvin Gaye berjudul Let's Get It On

Pada hari Selasa, penyanyi itu turun ke ruang sidang New York untuk menyangkal tuduhan mengenai hal itu di mana dia dipanggil oleh ahli waris Ed Townsend, rekan penulis Gaye pada lagu tahun 1973 itu. 

Untuk yang tidak tahu, keluarga tersebut menuduh Sheeran melanggar hak cipta mereka dan mengklaim bahwa lagu hitnya tahun 2014 memiliki 'kemiripan yang mencolok' dan 'elemen umum yang terbuka' dengan lagu Gaye yang populer. 

Namun, penyanyi tersebut membantah tuduhan yang dibuat terhadapnya tetapi meyakinkan bahwa jika juri memutuskan dia bersalah, dia akan berhenti bermusik.

"Jika itu terjadi, saya selesai, saya berhenti. Saya merasa sangat menghina untuk mengabdikan seluruh hidup saya untuk menjadi seorang pemain dan penulis lagu dan meminta seseorang untuk menguranginya," kata pengacara Sheeran dikutip dari PinkVilla, Rabu 3 Mei 2023.

“Saya akan menjadi idiot untuk berdiri di atas panggung di depan 20.000 orang dan melakukan itu. Kebanyakan lagu pop bisa muat di sebagian besar lagu pop … Anda bisa beralih dari Let it Be ke No Woman, No Cry and switch back,” ujarnya mengacu pada lagu-lagu The Beatles dan Bob Marley.

Melodi kedua lagu, struktur akord, dan lirik adalah semua yang dipermasalahkan dalam pengaduan terhadap Sheeran, bukan rekaman persisnya. Dalam kasus Let's Get It On, satu-satunya elemen notasi adalah akord, kata, dan melodi vokal.