10 Film Natal Terbaik Sepanjang Masa: Home Alone hingga White Christmas

White Christmas
White Christmas (Foto : Screenrant)

Antv – Hari Natal tentu menjadi momen yang paling dinantikan oleh Umat Kristiani di setiap tahunnya.

Di tengah hangatnya momen Natal, tidak lengkap rasanya jika tak menyaksikan film-film yang berbau tentang Natal.

Nah, sebagai bahan referensi, berikut ini ANTVKlik sajikan deretan film natal terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton.

Penasaran apa saja filmnya? Yuk langsung simak artikel di bawah ini yang telah dilansir dari laman Screenrant pada Minggu, 25 Desember 2022.

Film Natal Terbaik Sepanjang Masa

1. The Holiday (2006)

img_title
The Holiday. (Foto: Screenrant)

The Holiday merupakan sebuah film komedi romansa Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2006. Film yang disutradarai oleh Nancy Meyers ini diperankan oleh Cameron Diaz, Kate Winslet, Jude Law, Jack Black dan masih banyak lagi. Film ini dirilis pada 8 Desember 2006 di Amerika Serikat.

Film ini secara garis besar mengisahkan tentang dua orang perempuan yang memutuskan bertukar rumah untuk sementara waktu, dengan tujuan untuk berlibur dan mendapatkan pengalaman baru.

2. The Christmas Chronicles (2018)

img_title
The Christmas Chronicles. (Foto: Screenrant)

The Christmas Chronicles adalah film komedi Natal Amerika Serikat tahun 2018 yang disutradarai oleh Clay Kaytis dari skenario oleh Matt Lieberman. Film tersebut dibintangi oleh Kurt Russell, Judah Lewis, Darby Camp, Lamorne Morris, Kimberly Williams-Paisley, dan Oliver Hudson.

Film ini menceritakan tentang kisah saudari dan saudara lelaki, Kate (Darby Camp) dan Teddy Pierce (Judah Lewis), yang merencanakan malam Natal untuk menangkap Sinterklas (Kurt Russell) di depan kamera. Namun rencana tersebut berubah menjadi perjalanan tak terduga yang hanya bisa diimpikan oleh kebanyakan anak.

3. The Muppet Christmas Carol (1992)

img_title
The Muppet Christmas Carol. (Foto: Screenrant)

The Muppet Christmas Carol adalah sebuah film musikal Amerika Serikat tahun 1992. Film ini disutradarai oleh Brian Henson dalam debut sutradara dari skenario oleh Jerry Juhl, dan pemainnya adalah Michael Caine sebagai Ebenezer Scrooge, bersama dengan pemain Muppet Dave Goelz, Steve Whitmire, Jerry Nelson, dan Frank Oz.

Adaptasi A Christmas Carol ini begitu istimewa sehingga layak untuk masuk sebagai daftar film Natal Terbaik.

Film ini juga sukses menggabungkan kisah klasik dengan boneka-boneka kesayangan dengan menampilkan Kermit, Miss Piggy, dan geng yang melawan Michael Caine sebagai Scrooge.

4. Scrooged (1988)

img_title
Scrooged. (Foto: Screenrant)

Scrooged adalah film Natal dengan genre komedi fantasi yang disutradarai oleh Richard Donner dan ditulis oleh Mitch Glazer dan Michael O'Donoghue. 

Berdasarkan novel tahun 1843 A Christmas Carol oleh Charles Dickens, film ini menceritakan kembali tentang Bill Murray sebagai Frank Cross, seorang eksekutif televisi yang sinis dan egois, yang dikunjungi oleh serangkaian hantu pada Malam Natal

Film ini juga dibintangi oleh Karen Allen, John Forsythe, Bobcat Goldthwait, Carol Kane, Robert Mitchum, Michael J. Pollard, dan Alfre Woodard.

5. It's A Wonderful Life (1946)

img_title
It’s A Wonderful Life. (Foto: Screenrant)

Berikutnya ada film Natal klasik dari tahun 1946 berjudul It's A Wonderful Life, yang dijamin akan memberikan kehangatan suasana Natal untuk para pecinta film. 

Dalam film ini, kisah George Bailey (James Stewart) dimulai dan diakhiri pada Malam Natal, ketika seorang malaikat datang ke Bumi untuk membantunya menemukan jalannya dan menunjukkan kepadanya perbedaan luar biasa yang dibuat oleh setiap kehidupan di dunia.

6. A Christmas Story (1983)

img_title
A Christmas Story. (Foto: Screenrant)

A Christmas Story adalah sebuah film komedi Natal Metrocolor Amerika tahun 1983 garapan Bob Clark, dan berdasarkan pada anekdot semi-fiksi Jean Shepherd dalam buku tahun 1966 buatannya In God We Trust: All Others Pay Cash, dengan beberapa unsur dari buku tahun 1971 buatannya Wanda Hickey's Night of Golden Memories.

Sejatinya premis film A Christmas Story sangatlah sederhana, bagaimana sang figur utama yakni Ralphie berjuang untuk mewujudkan keinginannya untuk mendapat hadiah Natal berupa mainan senapan angin.

7. Home Alone (1990)

img_title
Home Alone. (Foto: Screenrant)

Berikutnya yang sudah pasti masuk daftar ialah film Home Alone karya sutradara Chris Colombus.

Film ini adalah sebuah film komedi yang dirilis pada tahun 1990 dan dibintangi oleh Macaulay Culkin sebagai Kevin McCallister, seorang anak dari keluarga yang kaya. 

Kevin secara tidak sengaja tertinggal oleh keluarganya yang akan berlibur ke kota Paris, Perancis, dalam rangka liburan Natal. 

Ketika ia menghabiskan waktu-waktunya di rumah sendirian, ia tidak sengaja bertemu dengan dua orang pencuri bodoh yang ingin merampok rumahnya. Maka, untuk menghentikan para pencuri itu, Kevin menyiapkan jebakan-jebakan untuk mereka.

8. Holiday Inn (1942)

img_title
Holiday Inn. (Foto: Screenrant)

Holiday Inn adalah sebuah film musikal Amerika Serikat tahun 1942 garapan Mark Sandrich dan menampilkan Bing Crosby, Fred Astaire, Marjorie Reynolds, Virginia Dale, dan Walter Abel.

Natal tampaknya akan kurang jika tidak menonton film yang menakjubkan ini. Holiday Inn diketahui menjadi salah satu film klasik yang keren lantaran alur cerita hingga akting para pemainnya yang luar biasa.

9. The Santa Clause (1994)

img_title
The Santa Clause. (Foto: Screenrant)

Film Klasik Natal lainnya dari tahun 90-an adalah The Santa Clause. Film ini dikenang karena humornya yang ringan dan lelucon slapstick. 

Banyak orang tampaknya melupakan latar belakang yang relatif gelap; Scott Calvin (Tim Allen) secara tidak sengaja membunuh Santa pada Malam Natal, dan harus menggantikannya sebagai pemberi hadiah yang periang.

Selain premis yang mematikan, ada banyak lelucon sederhana dan kesalahpahaman lucu untuk dinikmati di film ini.

The Santa Clause ditulis oleh Leo Benvenuti dan Steve Rudnick, dan disutradarai oleh John Pasquin.

10. White Christmas (1954)

img_title
White Christmas. (Foto: Screenrant)

White Christmas adalah sebuah film musikal Amerika Serikat tahun 1954 garapan Michael Curtiz dan menampilkan Bing Crosby, Danny Kaye, Rosemary Clooney, dan Vera-Ellen.

Difilmkan dalam format Technicolor, film tersebut menampilkan lagu-lagu Irving Berlin, termasuk versi baru dari lagu utama, "White Christmas", yang diperkenalkan oleh Crosby dalam film tahun 1942 Holiday Inn.

Lantaran alur cerita serta penggambaran yang apik, film ini layak disebut menjadi salah satu film Natal terbaik sepanjang masa.