Universitas Mercu Buana Sumbang Dua Sumur Resapan di Masjid At Tabbayun

Universitas Mercu Buana Sumbang  Dua Sumur Resapan di Masjid At Tabbayun
Universitas Mercu Buana Sumbang Dua Sumur Resapan di Masjid At Tabbayun (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Universitas Mercu Buana (UMB), Kamis (25/4) pagi menyerahkan sumbangan  dua Sumur Resapan (SR)   di halaman Masjid At Tabayyun, komplek perumahan Taman Villa Meruya, Jakarta Barat.

Sumbangan dalam bentuk kubus Equator Modular Tank tersebut diserahkan  secara simbolik oleh Dr Ir Albert Eddy Husin, perwakilan dosen UMB, kepada Lurah Meruya Selatan, Ghufri Fatchani. 

Menurut DR Albert sumbangan itu merupakan wujud nyata dari program Proyek Pengabdian Masyarakat (PPM) dari lembaga perguruan tinggi Mercu Buana.

PPM melibatkan para mahasiswa S1 dan S1 Fakultas Tehnik Sipil UMB untuk melaksanakan  kerja nyata termasuk  riset dan memilih lokasi yang tepat untuk membuat SR

"SR ini sumbangan UMB untuk  warga Meruya Selatan. Kami dari Kelurahan yang diajak kerjasama, memilih lokasi yang tepat sasaran, yaitu di halaman Masjid At Tabayyun. Ini untuk menjamin kenyamanan jamaah beribadah tanpa gangguan genangan air di sekitarnya," kata Ghufri.

Dosen Fakultas Tehnik Sipil UMB yang memimpin PPM tersebut, Eka Nur Fitriani, menceritakan keunggulan SR yang menggunakan Modulator Tank.

Modular tank serupa blok-blok kubus yang terbuat dari bahan recycled polypropylene (PP) ringan.   Modular tank sebagai drainase (mengalirkan air di bawah  permukaan tanah) dan berfungsi sebagai media untuk menyimpan air atau sumur/tangki resapan.