Kasad Ajak Pramuka Bersatu dengan Alam

Kasad Ajak Pramuka Bersatu dengan Alam
Kasad Ajak Pramuka Bersatu dengan Alam (Foto : Dok. Dispenad)

Antv – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memimpin upacara pembukaan Persami Saka Wira Kartika Terpusat di Bumi Perkemahan Cipayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Acara ini dihadiri oleh 38.000 peserta secara terpusat dan tersebar di 38 provinsi dengan tema "Bersatu dengan Alam, Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah".

Kasad yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing (Ka Mabi) Saka Wira Kartika Tingkat Nasional, mengangkat bendera Go Green sebagai tanda resmi dibukanya kegiatan ini.

Selain meningkatkan keterampilan peserta, kegiatan ini juga menunjukkan kepedulian terhadap alam dengan menyiapkan 7.320 bibit tanaman untuk ditanam di lahan seluas 5 hektar.

Kasad menegaskan bahwa Angkatan Darat akan terus mendukung program penanaman pohon dengan melibatkan Pramuka di seluruh Indonesia.

"Pramuka adalah organisasi penting bagi pembekalan pemuda kita, tidak hanya dalam hal keterampilan tetapi juga jiwa kesatria dan wawasan kebangsaan," ujarnya.

Kasad juga berkomitmen untuk terus mengevaluasi kegiatan Pramuka, khususnya Persami, guna meningkatkan efektivitasnya dan pembekalan yang diberikan kepada peserta.

Dia berharap kegiatan ini tidak hanya berlangsung sekali, tetapi dapat terus berlanjut sambil mengajak peserta untuk turut serta dalam program penanaman di seluruh Indonesia.

Perlu diketahui, kegiatan Persami Saka Wira Kartika ini,  selain kegiatan penanaman pohon dan pembersihan lingkungan, juga melaksanakan perbaikan fasilitas umum dan fasilitas sosial serta kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan pembagian sembako.