Pemprov Sulsel Siapkan KUR Rp30 Triliun untuk Pertanian, Perikanan, dan Peternakan di Tahun 2024

Pemprov Sulsel Siapkan KUR Rp30 Triliun untuk Pertanian, Perikanan, dan Peternakan di Tahun 2024
Pemprov Sulsel Siapkan KUR Rp30 Triliun untuk Pertanian, Perikanan, dan Peternakan di Tahun 2024 (Foto : Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Antv – Pada tahun 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) Sulsel mengumumkan kesiapan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp30 triliun

Dana ini khusus dialokasikan untuk sektor pertanian, perikanan, dan peternakan, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kemandirian pangan di wilayah Sulsel.

Bahtiar Baharuddin, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, mengungkapkan peningkatan signifikan dari sebelumnya yang hanya sekitar Rp15 triliun. 

Dia mendorong masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini agar lahan tidur dapat diaktifkan kembali, memberikan peluang sebagai sumber penghasilan baru.

"Tahun ini kita siapkan Rp30 triliun KUR untuk Sulsel. Selama ini hanya Rp15 triliun. Sekarang dua kali lipat untuk KUR," kata Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dikutip, Kamis (4/1/2024). 

"Ekonomi masyarakat kita bisa kita ubah dengan memaksimalkan pemanfaatan dana KUR ini," tambahnya. 

Dana KUR ini memberikan dukungan finansial untuk berbagai jenis usaha, seperti budidaya pisang cavendish, cabai, bawang merah, dan sektor perikanan.