Pj Gubernur Agus Fatoni Terima Penghargaan Pengendalian Stunting di Sumsel

Pj Gubernur Agus Fatoni Terima Penghargaan Pengendalian Stunting di Sumsel
Pj Gubernur Agus Fatoni Terima Penghargaan Pengendalian Stunting di Sumsel (Foto : Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Antv – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menerima Penghargaan Pengendalian Stunting. Penghargaan ini diterima atas kontribusi Sumsel dalam menurunkan angka stunting. 

“Saat ini, angka stunting di Sumsel berada di angka 18,6% atau turun 6,2% dibanding tahun 2021 dengan angka 24,8%. Angka ini menjadi penurunan tertinggi di Indonesia. Ungkap Fatoni saat hadir dalam acara penyerahan penghargaan penurunan angka Stunting bertempat di Gedung Tribun Network Jakarta, Selasa (31/10/2023).

"Kemiskinan ekstrem kita juga stabil, angka stunting masih di angka 18,6 persen dari penurunan sebelumnya. Kita ingin angka stunting bisa ditekan lagi dan menurun lebih banyak lagi," harapnya.

Fatoni menyampaikan bahwa Upaya percepatan penurunan prevalensi stunting mengacu kepada Strategi Nasional Penurunan Stunting melalui 5 Pilar.

“Pilar pertama, Peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan di kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah provinsi, Pemerintah Daerah kabupatenfkota, dan Pemerintah Desa”.

Kedua, Peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat. Ketiga, peningkatan konvergensi Intervensi Spesifik dan Intervensi Sensitif di K/L, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kab/kota, dan Pemerintah Desa.

Selanjutnya Keempat, Peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga, dan masyarakat. Terakhir, Penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi.