Satgas Yonif 122/TS Pos Pitewi Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-Siswi SDN Pitewi

Tanamkan Kedisiplinan dan Mental Kejuangan, Satgas Yonif 122/TS Pos Pitewi Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-Siswi SDN Pitewi
Tanamkan Kedisiplinan dan Mental Kejuangan, Satgas Yonif 122/TS Pos Pitewi Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-Siswi SDN Pitewi (Foto : Dok. Penerangan Satgas Yonif 122/TS)

Antv – Satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG  dari Yonif 122/Tombak Sakti, Pos Koki B Pitewi, memberikan Tenaga Didik (Gadik) pelatihan baris-berbaris dan tata cara pelaksanaan upacara bendera, kepada pelajar SD Negeri Pitewi Kampung Pitewi, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Senin (4/9/2023).

Kegiatan tersebut disampaikan Dankipur B Lettu Inf Budi Kristiyanto, dengan tujuan memberikan wawasan kebangsaan berupa pelatihan baris-berbaris dan tata cara pelaksanaan upacara bendera merah putih kepada pelajar SD Negeri Pitewi. 

Menurut Dankipur, di samping mengajarkan tata cara pelaksanaan upacara rutin hari Senin, kegiatan itu juga sangat penting bagi para pelajar untuk menanamkan sikap disiplin.

"Kegiatan upacara ini bukan hanya sekedar rutinitas setiap hari Senin, kegiatan ini juga mengandung nilai-nilai kejuangan yang bisa di adopsi bagi para murid-murid. Di antaranya yaitu menghormati lambang negara sebagai bentuk cinta tanah air. Serta latihan kepemimpinan," ujar Dankipur B, Lettu Inf Budi Kristiyanto.

Ester Waincang S,PD, selaku kepala sekolah SD Negeri Pitewi juga mengatakan kegiatan tersebut juga untuk menumbuhkan kerja sama antarpelajar, seperti dalam bergantian menjadi petugas upacara.

"Kami mangapresiasi kegiatan sekolah yang di dukung oleh bapak TNI sebagai garda terdepan menjaga wilayah NKRI khusus nya yang menjaga perbatasan RI-PNG Pos Koki B Pitewi atas pelaksanaan upacara bendera yang dilaksanakan di SD Negeri Pitewi,sehingga murid-murid menjadi semangat dalam melaksanakan upacara" ucap Ester Waincang S,Pd.