Presiden Jokowi Pimpin Apel Renungan Suci Mengenang Jasa Pahlawan

Presiden Jokowi Pimpin Apel Renungan Suci Mengenang Jasa Pahlawan
Presiden Jokowi Pimpin Apel Renungan Suci Mengenang Jasa Pahlawan (Foto : Dok. BPMI Setpres)

Antv – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memimpin sebuah acara yang disebut Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS). Tujuannya adalah untuk mengingat jasa-jasa pahlawan-pahlawan yang telah berjuang demi negara.

Acara ini berlangsung di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, pada Rabu malam (17/8/2023_.

Presiden menjadi pemimpin acara ini dan mengarahkan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam melindungi dan mempertahankan Indonesia.

Banyak pejabat juga ikut hadir dalam acara ini, seperti Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono beserta para jajarannya, dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Beberapa menteri kabinet juga turut hadir. Acara ini diadakan pada dini hari menjelang perayaan ulang tahun ke-78 Indonesia.

Selama upacara berlangsung, cahaya di sekitar TMPNU Kalibata dimatikan dan digantikan oleh nyala obor tunggal.

Hal ini menciptakan suasana yang hening dan khidmat. Presiden juga meletakkan karangan bunga di tugu TMPNU sebagai penghormatan, dan acara diakhiri dengan doa bersama.