Lagi-Lagi Bikin Heboh, Ponpes Al Zaytun Undang Aktivis Yahudi Jadi Tamu di Peringatan 1 Muharram

Lagi-Lagi Bikin Heboh, Ponpes Al Zaytun Undang Aktivis Yahudi
Lagi-Lagi Bikin Heboh, Ponpes Al Zaytun Undang Aktivis Yahudi (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Lagi-lagi, Pondok Pesantren Al Zaytun di Indramayu, Jawa Barat, asuhan Panji Gumilang, bikin heboh publik dengan tindakan yang mengejutkan saat memperingati tahun baru Islam, 1 Muharram.

Sorotan jatuh pada pengundangan seorang aktivis Yahudi, Monique Rijkers, sebagai tamu kehormatan dalam acara tersebut.

Keputusan ini memicu beragam reaksi dari masyarakat dan menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Tidak itu saja, perempuan yang viral lantaran mengeluarkan pernyataan, meminta seluruh pesantren di Indonesia menyanyi lagu Yahudi Hevenu Shalom Aleichem, juga diberikan kesempatan memberi sambutan.

Video peristiwa itu dengan cepat menyebar di berbagai platform sosial media, termasuk di kanal YouTube resmi Ponpes Al Zaytun, Al-Zaytun Official.

Video berdurasi 4 jam 48 menit tersebut berjudul "PERINGATAN 1 SYURO 1445 H DI AL-ZAYTUN". Dan momen yang paling menarik adalah ketika Monique Rijkers memberikan sambutannya pada durasi 2 jam 29 menit.

“Sambutan dari wartawati senior, aktivis keberagaman, khususnya Yahudi, Ibu Monique Rijkers, kepadanya dipersilakan,” ujar MC, dalam video itu, seperti dilihat pada Rabu (19/7/2023).

Tampak dalam video Monique kemudian maju dan memberikan salam dan berterimakasih karena pihak Ponpes Al Zaytun sudah mengundang dirinya. Serta memperbolehkan memakai baju Bintang Daun yang diketahui sebagai lambang agama Yahudi.

"Salam damai buat Syech Panji Gumilang, dan seluruh keluarga besar Al Zaytun. Terima kasih telah mengundang saya di sini. Terima kasih telah membolehkan saya memakai baju Bintang Daud," katanya.

Kemudian dalam video tersebut, Monique Rijkers berbicara mengenai perdamaian, toleransi dan memuji-muji Pondok Pesantren Al Zaytun.
 
Sambutan Monique Rijkers memang tak disangka bagi banyak orang yang hadir.

Sebagai seorang aktivis keberagaman, Monique mengajak seluruh pesantren di Indonesia untuk menyanyikan lagu Yahudi "Hevenu Shalom Aleichem".

Aksi tersebut tentunya memancing banyak pertanyaan dan rasa penasaran di kalangan hadirin.

Monique menyampaikan ucapan damai dan terima kasih kepada Syech Panji Gumilang serta seluruh keluarga besar Al Zaytun.