Komitmen Hormati HAM, PT Bumi Resources TBK Luncurkan Laporan Uji Tuntas Hak Asasi Manusia

PT Bumi Resources TBK Luncurkan Laporan Uji Tuntas Hak Asasi Manusia
PT Bumi Resources TBK Luncurkan Laporan Uji Tuntas Hak Asasi Manusia (Foto : Putra Dwi Laksana/ANTV)

AntvPT Bumi Resources Tbk. (“BUMI” atau “Perseroan”) meluncurkan Laporan Perkembangan Hak Asasi Manusia setelah melakukan Uji Tuntas Hak Asasi Manusia (Human Rights Due Diligence - HRDD) pada tahun 2022.

Langkah keempat HRDD adalah mengkomunikasikan temuan. Dengan peluncuran HRDD BUMI, juga menunjukkan komunikasi kepada publik tentang komitmen BUMI terhadap hak asasi manusia.

BUMI percaya bahwa dengan melakukan penilaian HRDD ini, BUMI membantu perusahan mereka dan mendorong perusahaan global untuk meningkatkan upaya mereka untuk menunjukkan penghormatan terhadap hak asasi manusia, bergerak dari komitmen ke praktik.

Sebagai perusahaan, BUMI berkomitmen untuk menghormati hak asasi manusia dalam semua operasi bisnisnya. Mereka ingin mengidentifikasi dan menangani isu-isu hak asasi manusia yang menonjol yang mungkin timbul dari kegiatan mereka.

Sebagai bagian dari komitmen tersebut, BUMI baru saja melakukan uji tuntas hak asasi manusia (HRDD) komprehensif terhadap anak perusahaannya, Kaltim Prima Coal (KPC) dan Arutmin Indonesia.

Inisiatif BUMI sejalan dengan Peringatan Sepuluh Prinsip Panduan Bisnis dan Laporan Hak Asasi Manusia PBB.

Laporan ini menyarankan agar semua 2000 perusahaan global harus berkomitmen untuk menghormati hak asasi manusia sejalan dengan Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia (UNGP).

Presiden Direktur PT Bumi Resources Tbk, Aga Bakrie mengatakan, sebagai perusahaan, BUMI juga berkomitmen untuk menghormati untuk menghormati hak asasi manusia dalam semua operasi bisnisnya. Sehingga hak asasi manusia menjadi inti filosofi  perusahaan.

“Sebagai perusahaan pertambangan terkemuka, BUMI telah dan selalu melakukan upaya yang signifikan dalam menanamkan prinsip-prinsip Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola atau yang kita kenal saat ini dengan terminologi ESG di seluruh praktik bisnis BUMI. Kami berusaha untuk memastikan aspek sosial dari bisnis kami tidak diabaikan. Itulah mengapa BUMI menjadikan hak asasi manusia sebagai inti dari filosofi perusahaan,” ucap Aga Bakrie dalam sambutannya, Kamis, (15/06/2023).


Penyerahan Laporan HRDD secara simbolis diberikan kepada Bapak Adika Nuraga Bakrie oleh FIHRRST yang diwakili oleh Bapak Marzuki Darusman – Pimpinan FIHRRST.

Marzuki Darusman menyampaikan bahwa komitmen penghormatan PT BUMI Resources Tbk. terhadap HAM dapat dilihat dari skor pengungkapan ESG BUMI mendapatkan peringkat satu dari 66 perusahaan tambang di seluruh dunia bedasarkan rating dari Refinitiv serta peningkatan skor yang diberikan oleh Bloomberg sejak 2020.

”Telah lahir di Indonesia generasi baru yang merintis bisnis dengan suatu visi yang baru terkait dengan kepedulian dengan Hak Asasi Manusia,” ujar Marzuki.

Sejumlah kementerian dan stakeholders pun memberikan apresiasi atas pencapaian BUMI dalam peluncuran Laporan Uji Tuntas HAM. Hal ini juga merupakan pencapian yang baik dimana dengan ulang tahun BUMI ke 50 tahun atau Golden Age dengan meluncurkan laporan yang menjunjung tinggi HAM.