Penanganan Arus Mudik dan Balik Lebaran di Yogyakarta Dinilai Lebih Baik

Petugas saat mengatur lalu lintas arus mudik dan balik Idul Fitri 2023
Petugas saat mengatur lalu lintas arus mudik dan balik Idul Fitri 2023 (Foto : Antvklik | Andri Prasetiyo/Sleman)

AntvPusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM menilai penanganan lalu lintas pada arus mudik dan balik Lebaran 2023 lebih baik. Utamanya kesiapan dan pengaturan lalu lintas di wilayah hukum Polda DIY.

"Saya mengamati dan merasakan selama Lebaran ini ada semacam kesiapan yang lebih baik dalam pengaturan arus lalu lintas serta pengamanan saat Lebaran kali ini," kata Sekretaris Pustral UGM, Dewanti, dikutip Selasa (2/5/2023).

Dewanti menjelaskan, salah satu indikator penanganan lalu lintas terlihat di pintu-pintu masuk Provinsi DIY. Mulai dari kawasan Tempel yang berbatasan dengan Magelang, Prambanan yang merupakan pintu masuk dari Klaten, serta Temon yang berbatasan dengan Purworejo.

img_title

Petugas saat mengatur lalu lintas arus mudik dan balik Idul Fitri 2023. (Foto: Antvklik | Andri Prasetiyo/Sleman)

Arus kendaraan di beberapa akses menuju DIY tersebut dirasakan lebih lancar jika dibandingkan dengan momen yang sama pada tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi hal ini disebutnya bukan hanya karena peran polisi saja.

"Tentu ini berkat kerjasama yang bagus dari berbagai instansi. Ada persiapan yang matang saat lebaran ini dari Polda DIY serta antar instansi lain.Meski ada kemacetan namun tak dirasakan terlalu parah," ungkap perempuan yang juga pakar transportasi tersebut.