Ratusan Pemudik Motor Asal Jakarta di Kapal Perang KRI Banjarmasin 592 Tiba di Surabaya

Ratusan Pemudik Motor Asal Jakarta di Kapal Perang Tiba di Surabaya
Ratusan Pemudik Motor Asal Jakarta di Kapal Perang Tiba di Surabaya (Foto : antvklik-Zainal Azkhari)

Antv – Untuk kesekian kalinya Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan Kapal Perang untuk bantu warga yang mudik dengan berkendara sepeda motor ke Surabaya, Jawa Timur.

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banjarmasin-592 yang mengangkut sebanyak 800-900 pemudik dari Jakarta dan Semarang,  tiba di Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya, Kamis sore (20/4/2023) .

Komandan Lantamal V Surabaya, Laksamana Pertama TNI Supardi mengatakan, mudik gratis dengan kapal perang tersebut merupakan fasilitas yang rutin disiapkan TNI AL. Setiap pelaksanaan Arus mudik lebaran.

KRI 592 Banjarmasin berangkat dari Jakarta, pada Selasa (18/4/2023).  Setelah transit di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pada Rabu (19/4/2023) kemarin, KRI tersebut melanjutkan perjalanan ke Surabaya sebagai pemberhentian terakhir.

“Dari jumlah 800-900 pemudik itu sebagian sudah ada yang turun dan baru naik di dermaga Semarang. Mereka ini rata-rata menggunakan sepeda motor yang kita fasilitasi tempat juga makan selama berada diatas KRI,” ujar Komandan Lantamal V Surabaya, Laksamana Pertama TNI Supardi.

Setelah bersandar , Di dermaga pelabuhan tanjung perak surabaya , TNI AL telah menyiapkan bus untuk mengangkut para pemudik yang tidak membawa sepeda motor.

"Kita antarkan sampai Terminal Jembatan Merah Surabaya, mengingat jaraknya jauh sekali kalau jalan kaki dari dermaga,” jelasnya.

Sementara itu pemudik yang menggunakan motor saat turun dari Kapal perang langsung melanjutkan perjalanan ke sejumlah wilayah di Jawa Timur, diantaranya Sidoarjo, Mojokerto, Malang dan Blitar.

Salah satu peserta mudik gratis ini bernama Iskandar mengaku merasa terbantu karena mudik dengan menggunakan motor cukup beresiko.

Namun dengan naik kapal perang, jarak yang harus ditempuhnya menuju Malang relatif lebih aman dan lebih dekat karena hanya di tempuh dari kota Surabaya.

“Ya Alhamdulillah biasanya kalau mudik pakek motor dari jakarta saya tempuh perjalanan dua hari dengan menginap di perjalanan namun sekarang naik kapal perang lebih aman karena saya tempuh dari surabaya “ ujar Iskandar.

Selanjutnya kapal perang tersebut akan kembali mengangkut penumpang dan berlayar ke Jakarta pada 25 April 2023 mendatang, saat momen arus balik.

“Masyarakat Surabaya dan sekitarnya yang berminat kembali Jakarta/Semarang bisa memanfaatkan fasilitas arus balik ini,” ungkapnya.

Pendaftarannya dapat dilaksanakan di Mako Lantamal V Jalan Laksda M. Nazir No.56 Perak, Surabaya dan mulai dibuka sejak 17 April 2023 lalu.

Rute pelayarannya juga akan tetap sama. Setelah berangkat dari Surabaya pada 25 April, KRI Banjarmasin-592 akan transit di Semarang pada 26 April 2023, sebelum melanjutkan perjalanan dan tiba di Jakarta 27 April 2023.

Kuota peserta yang disediakan untuk momen arus balik gratis dengan KRI Banjarmasin-592 ini sekitar 700 penumpang, dengan pendaftaran bisa menghubungi nomor telepon atau WhatsApp 0895367987039, atau bisa juga datang langsung ke Mako Lantamal V.

Adapun syarat untuk mengikuti mudik gratis ini cukup mudah, bagi masyarakat yang mau membawa sepeda motor hanya dengan menyerahkan foto copy KTP, STNK, dan BPKB kendaraan yang akan dibawa.

“Tujuan mudik dan balik gratis ini untuk membantu masyarakat dan memimalisir kecelakaan pemudik di jalan raya,” tandas Komandan Lantamal V Surabaya, Laksamana Pertama TNI Supardi.