Presiden Jokowi Minta Gubernur dan Walikota Bersiap Jelang Arus Mudik

Presiden Jokowi Minta Gubernur dan Walikota Bersiap Jelang Arus Mudik
Presiden Jokowi Minta Gubernur dan Walikota Bersiap Jelang Arus Mudik (Foto : BPMI Setpres)

Antv – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah mulai dari gubernur hingga walikota yang wilayahnya menjadi tujuan mudik. Khususnya Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, dapat melakukan persiapan menjelang arus mudik.

Presiden Jokowi mengemukakan hal itu usai mengunjungi Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4/2023).

"Mudik semuanya nanti utamanya yang menjadi tujuan-tujuan mudik, Jawa Tengah ini Pak Gubernur, Jawa Timur nanti Bu Gubernur, Jawa Barat Pak Gubernur, semuanya memang harus bersiap-siap menjelang mudik," kata Presiden Jokowi seperti ditayangkan secara melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (10/4/2023).

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Presiden meminta para gubernur dapat mempersiapkan diri mengenai mobilitas penduduk pada Musim Mudik Lebaran 2023 yang diperkirakan mencapai 123 juta orang.

Presiden meminta kepala daerah dapat waspada dengan jumlah masyarakat yang akan mudik pada tahun ini. Dibandingkan tahun lalu, jumlah masyarakat yang mudik mencapai 86 juta orang.

Kepala Negara juga sudah memperingatkan kepada Menteri Perhubungan, Kapolri, Menteri BUMN, untuk mempersiapkan diri peningkatan jumlah masyarakat yang mudik tersebut.