Pemerintah Resmi Menetapkan Awal Ramadan Jatuh Pada Kamis, 23 Maret 2023

Pemerintah Resmi Menetapkan Awal Ramadan Jatuh Pada Kamis
Pemerintah Resmi Menetapkan Awal Ramadan Jatuh Pada Kamis (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Hasil sidang Isbat yang digelar pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama memutuskan bahwa awal puasa atau 1 Ramadan 1444 Hijriyah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023, besok.

Hal itu disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di hadapa puluhan awak jurnalis memadati Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama RI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

"Posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk dan telah memenuhi kriteria mabims serta laporan rukyatul hilal tadi kita bersepakat secara mufakat bahwa satu Romadhon 1444 Hijriyah jatuh pada hari Kamis tanggal 23 Maret 2023 Masehi," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Rabu (22/3/2023)

"Bapak ibu sekalian ini tadi hasil sidang isbat yang baru saja kita laksanakan dan tentu kita sepakati bersama kita berharap semoga dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan secara bersama-sama," tambahnya

Yaqut juga mengatakan bahwa dalam menentukan 1 Ramadhan ini, Kemenag gunakan dua metode dalam sidang isbat yakni hisab atau perhitungan dan rukyat atau melihat langsung hilal.

Sebelumnya, Kemenag menggelar sidang isbat dengan tiga sesi. Pertama seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).

Sesi kedua yakni pelaksanaan sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1444 H. Sesi ini akan dilaksanakan secara luring selepas ibadah salat Maghrib dan tertutup untuk umum.

Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal. Rukyatul hilal dilaksanakan pada 124 lokasi di seluruh wilayah Indonesia.