Menteri BUMN Erick Thohir: Pembentukan PalmCo dalam Proses Permohonan Izin Penyusunan PP

Erick Thohir: Pembentukan PalmCo dalam Proses Permohonan Izin
Erick Thohir: Pembentukan PalmCo dalam Proses Permohonan Izin (Foto : Tangkap Layar)

AntvMenteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan pembentukan subholding kelapa sawit PalmCo dari Holding PT Perkebunan Nusantara (PTPN) dalam proses permohonan izin penyusunan peraturan pemerintah (PP).

"Untuk kelapa sawit sekarang kita sedang proses permohonan izin penyusunan PP pembentukan Palm Co," ujar Erick Thohir dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI, Senin (20/3/2023).

Erick juga berharap pada kuartal keempat tahun ini bisa melakukan aksi korporasi terkait PalmCo.

"Tentu tujuannya adalah tidak lain kalau kita melihat sekarang turunan daripada industri kelapa sawit sudah sampai 80 pohon industri. Cerita sukses ini bisa kita lihat juga berpengaruh pada turunan industrinya dan juga pengembangan daripada industri-industri pendukung untuk menjaga kestabilan ekonomi nasional," kata Erick.

Salah satu contohnya untuk bahan baku kosmetik atau make up, di mana saat ini Indonesia merupakan pangsa industri make up terbesar kelima di dunia.

"Namun, kalau kita melihat turunan daripada cerita suksesnya ini sekarang 70 persen industri make up semua produknya dalam negeri. Dan kita bisa mampu melakukan hal tersebut karena harga bahan bakunya sudah kita miliki. Di sinilah kenapa kita dorong hal-hal ini kita mau konsolidasikan," ujar Erick.

Terkait dengan minyak goreng, Erick mengatakan bahwa, bagaimana kalau PalmCo ini dibutuhkan suatu hari nanti maka pemerintah atau BUMN bisa melakukan intervensi.