Gunung Merapi Meletus, Abu Vulkanik Sampai Wonosobo, 15.000 Masker Dibagikan ke Warga

Gunung Merapi Meletus, Abu Vulkanik Sampai Wonosobo
Gunung Merapi Meletus, Abu Vulkanik Sampai Wonosobo (Foto : antvklik-Ronaldo Barmantyo)

Antv – Gunung Merapi meletus, akibatnya selain di wilayah Magelang, lontaran abu vulkanik dampak dari erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada Sabtu siang (11/03/23) itu, sampai di sebagian besar wilayah Wonosobo.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupten Wonosobo, Bambang Triyono, hal ini terjadi akibat arah angin dari Gunung Merapi menuju barat daya.

"Adanya erupsi gunung merapi, di mana arah dari angin ini menuju ke barat daya. Dan Wonosobo menjadi daerah terdampak. Hampir di seluruh daerah di Wonosobo mengalami hujan abu,” ungkapnya, Sabtu (11/03/23).

Untuk itu Bambang menghimbau untuk mengurangi aktifitas diluar rumah dan apabila keluar rumah warga juga diimbau untuk menggunakan masker agar tidak menghirup abu vulkanik tersebut.

“Kami imbau kepada warga Wonosobo untuk memakai masker saat keluar rumah. Dan kalau bisa untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dulu,” imbaunya.

Petugas BPBD Wonosobo tengah membagi-bagikan masker di sejumlah tempat titik keramaian sebanyak 15 ribu masker. Seperti di Taman Plasa, dan alun-alun Wonosobo.

“Sementara ini, kami sudah membagi-bagikan masker di titik keramaian. Seperti di Alun-alun Wonosobo, dan Taman Plasa. Nantinya pembagian masker ini sampai di kecamatan-kecamatan,” kata dia.