Mantan Danpaspampres Marsma Wahyu Hidayat Pimpin Pasukan Komando Pasukan Gerak Cepat

Mantan Danpaspampres Marsma Wahyu Hidayat Pimpin PKPGC
Mantan Danpaspampres Marsma Wahyu Hidayat Pimpin PKPGC (Foto : antvklik-Suhendar)

Antv – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Komando Pasukan Gerak Cepat (Dankopasgat) dari Marsda TNI Taspin Hasan., S.A.P., M.Si kepada pejabat baru Marsekal Muda TNI Wahyu Hidayat Sujatmiko, mantan Danpaspampres di Mako Kopasgat Bandung, Senin (6/3/2023).

Dalam amanatnya, Fadjar menilai, Marsekal Muda Taspin Hasan telah berhasil menjalankan amanah dengan baik sebagai komandan kopasgat.

"Dimasa kepemimpinan Marsma Taspin Hasan kopasgat berhasil menunjukan profesionalisme dalam mengemban tugas pengamanan, seperti KTT di Bali, hingga dukungan berbagai misi kemanusiaan," ucap Fadjar.

Fadjar mengatakan Kopasgat TNI AU menjadi salah satu elemen penting dalam mendukung keberhasilan operasi udara. 

"Kopasgat menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam operasi matra udara, guna mendukung keberhasilan tugas - tugas TNI AU," tegasnya.

Komando Pasukan Gerak Cepat, adalah pasukan elite TNI AU yang memiliki kemampuan khusus yang dapat menjadi force multiplier dalam berbagai tugas operasi TNI Angkatan Udara.

Seiring dinamika lingkungan strategis yang semakin kompleks, Kopasgat juga dituntut untuk selalu beradaptasi dan meningkatkan kemampuan guna menghadapi tantangan peperangan modern, mulai dari perang asimetris, perang hibrida, perang siber, perang proksi, hingga melaksanakan Network-Centric Warfare.