Prediksi Jumlah Pemudik Meningkat, Korlantas Siapkan Jalur Mudik Lebaran 2023

Prediksi Jumlah Pemudik Meningkat, Korlantas Siapkan Jalur Mudik
Prediksi Jumlah Pemudik Meningkat, Korlantas Siapkan Jalur Mudik (Foto : Ilustrasi Mudik Lebaran/ Korlantas Polri)

Antv –Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperkirakan akan terjadi peningkatan volume kendaraan pada Mudik 2023, mengingat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut oleh Presiden Joko Widodo.

“Tapi kalau dilihat sudah lepas dari PPKM kemudian melihat animo tahun lalu, maka akan ada peningkatan,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Firman di Gedung NTMC Polri, Cawang, Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Selain itu, kata Firman, jalan tol diprediksi akan tetap menjadi pilihan masyarakat sebagai lajur yang akan digunakan dalam perjalan Mudik Lebaran 2023 nanti menuju lokasi-lokasi yang akan dituju.

Kendati demikian, Korlantas telah menyiapkan jalur-jalur yang ada seperti seperti Pantura, kemudian jalur tengah bahkan sampai kepada Pansela (Pantai Selatan) untuk keberangkatan dan pulang dalam Mudik Lebaran 2023.

“Sehingga tidak bertemu pada satu titik puncak pada satu hari yang sama dan menghindari kemacetan yang ada,” ucap Firman.

Terakhir, Firman mengimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik agar tetap dalam kondisi prima baik manusia hingga kendaraannya.

Pasalnya, kondisi cuaca juga mesti diperhatikan bagi keselamatan pengendara selama di perjalanan nantinya.