Tempa Jiwa Komando Prajurit TNI AL, Dankodikmar Buka Lattek Dikko Marinir

Dankodikmar Buka Lattek Dikko Marinir
Dankodikmar Buka Lattek Dikko Marinir (Foto : Dinas Penerangan Kodiklatal)

Antv – Guna menempa prajurit TNI Angkatan Laut agar memiliki jiwa komando, Komandan Komando Pendidikan Marinir (Dankodikmar) Kodiklatal Brigadir Jenderal TNI (Mar) Muhammad Nadir resmi membuka Latihan Praktek (Lattek) Pendidikan Komando (Dikko) Marinir -171.

Jalannya pembukaan acara itu dilakukan di Lapangan Apel Pusat Latihan Pertempuran Marinir 5 (Puslatpurmar 5) Baluran Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo. Rabu (22/2/2023).

Adapun Dikko Angkatan ke-171 ini diikuti oleh 38 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Marinir Angkatan 70,  dan 250 siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) kejuruan Infanteri Marinir Angkatan 42 Gelombang 1 TA. 2022. 

Dankodikmar dalam amanatnya menyampaikan bahwa pendidikan komando ini bersifat khusus dan wajib diikuti oleh para siswa calon prajurit Marinir.

Hal itu karena di dalam latihan ini memuat berbagai macam materi, teori praktis maupun keterampilan perorangan sampai dengan taktik satuan kecil  yang  merupakan ilmu dasar bagi prajurit Marinir.

Menurut rencana lattek akan berlangsung selama kurang lebih  77 hari, dan terbagi ke dalam beberapa tahap latihan.

Menurut Dankodikmar dalam Dikko tersebut, para siswa dilatih untuk bertahan di air dengan cara berenang dan teknik mengatasi kendala di laut.