Dosen UII yang Dilaporkan Hilang Diketahui Ubah Rute Penerbangan ke Boston, AS

Dosen UII yang Dilaporkan Hilang Diketahui Ubah Rute Penerbangan
Dosen UII yang Dilaporkan Hilang Diketahui Ubah Rute Penerbangan (Foto : antvklik-Andri Prasetiyo)

Antv – Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP), dosen Universitas Islam Indonesia (UII) yang sempat dilaporkan hilang usai kunjungan ke Norwegia, ternyata terdeteksi di Boston, Amerika Serikat (AS).

Ia diduga sengaja mengubah rute penerbangan yang harusnya dari Istanbul, Turki ke Jakarta, tapi justru ke Boston.

Rektor UII Yogyakarta Fathul Wahid mengatakan pihaknya saat itu tidak mempunyai informasi yang cukup untuk memahami mengapa ada perubahan rute tersebut.

"Dan sampai hari ini kami belum bisa mengontak yang bersangkutan sehingga kalau kami ditanya terkait motivasinya dan sebagainya kami belum mempunyai kata pasti yang bisa kami bagi ke publik," kata Rektor kepada wartawan di kampus UII, Senin (20/2/2023).

Menurut Fathul, dirinya saat ini tidak mengetahui secara pasti posisi yang bersangkutan di Boston. Saat ini pihaknya bersama Kemenlu tengah berupaya melacak keberadaan dosen Prodi Informatika tersebut.

Fathul juga mengakui bahwa UII tidak mengetahui jika AMRP atau biasa dipanggil Rafie, mengubah rute penerbangan. Termasuk motif atau alasan dari yang bersangkutan.

"Kalau kami tahu tentu kami tidak melaporkan ke polisi (soal) orang hilang sehingga kami tidak tahu dan kami juga belum tahu motifnya apa," terang Rektor.