Begini Potret Gunung Api Kerinci Pasca Erupsi

Kondisi Gunung Api Kerinci Pasca Erupsi.
Kondisi Gunung Api Kerinci Pasca Erupsi. (Foto : Antvklik | Arizal Antoni/ Jambi)

Antv – Pos pemantauan Gunung Api Kerinci di Desa Lindung Jaya R10 Kersik Tuo, Kabupaten Kerinci Jambi pada Kamis pagi (16/0/2023) sekira jam 06:22 WIB, kembali memberikan informasi potret kondisi Gunung api kerinci terkini pasca erupsi pada Rabu (15/02/2023).

Dari pantauan langsung di pos pemantauan Gunung Api Kerinci, cuaca tampak cerah dan kondisi Gunung Api Kerinci tampak jelas dan bersih, tidak lagi mengeluarkan asap tebal.

Petugas Pos pemantauan Gunung Api Kerinci, Mamory juga membenarkan bahwa kondisi Gunung Api Kerinci terlihat jelas, didukung cuaca yang cerah dan bersih, tidak mengeluarkan abu vulkanik.

Mamory, menambahkan aktivitas Gunung Kerinci di Provinsi Jambi saat ini kembali normal pasca erupsi. Namun kondisinya masih belum menentu, yakni kadang naik kadang turun.

"Pagi ini cuaca cerah dan Gunung Api Kerinci terlihat jelas dan tidak kelihatan adanya asap tebal di puncak Gunung, namun kondisi ini tidak menentu, sesekali masih mengeluarkan abu vulkanik, kondisi Gunung Kerinci tergolong normal," Ujar mamory.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui laman resminya merilis, bahwa telah terjadi erupsi Gunung Api Kerinci pada Rabu (15/02/2023) pukul 12:07 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak (± 4.005 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna coklat dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 2 mm dan durasi sementara ini ± 5 menit.