Pemerintah Indonesia Kembali Kirim 119 Tim Medis Darurat ke Turki

Pemerintah Indonesia Kembali Kirim 119 Tim Medis Darurat  Ke Turki
Pemerintah Indonesia Kembali Kirim 119 Tim Medis Darurat Ke Turki (Foto : Kemenkes RI)

Antv – Pemerintah Indonesia melalui BNPB (Badan Penanggulangan Nasional Bencana) kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan menuju Turki untuk mempercepat pemulihan, pasca gempa 7,8 magnitudo terjadi pada Senin (6/2/2023).

Bantuan kemanusiaan tahap kedua ini terdiri dari tim medis darurat atau Emergency Medical Team (EMT) atau dan tim pendukung.

Rombongan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia melalui Base Off, Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (13/2/2023).

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan total ada 119 orang yang dikirim untuk membantu penanganan pasca gempa M 7,8 yang terjadi di Turki dan Suriah.

''Hari ini kita sudah memberangkatkan EMT ke Turki untuk membantu masyarakat Turki. Total ada 119 orang yang berangkat. Ini kolaborasi yang sangat luar biasa, ada BNPB, Kemenkes, TNI, Polri, IDI dan para relawan,'' kata Kunta.

Kunta merinci, dari 119 orang yang diberangkatkan, terdapat 105 orang EMT yang berasal dari Kementerian Kesehatan 66 orang, TNI 17 orang, Polri 17 orang dan BNPB 4 orang. Sementara sisanya merupakan tim pendukung dari Kemenlu, BNPB, TNI dan Polri.

''Di situ ada dokter ada perawat dan juga tim pendukung, ada berbagai macam spesialis ada yang orthopedi, bedah, dokter umum, dan ahli-ahli yang diperlukan,'' ujarnya.