Dilarang Beroperasi di Monas, Kusir Delman Akan Berunjuk Rasa ke Gubernur

Ilustrasi delman di DKI Jakarta.
Ilustrasi delman di DKI Jakarta. (Foto : Viva)

Antv –Para kusir delman akan berunjuk rasa di depan kantor Gubernur DKI Jakarta. Aksi tersebut terkait larangan delman beroperasi di sekitar Monas dan Bundaran HI oleh Pemkot Jakarta Pusat.

"Kalau memang kita para kusir delman dilarang (beroperasi) di Monas dan HI, maka kita akan geruduk kantor Gubernur DKI Jakarta. Kita temui Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono," kata Koordinator Delman Monas, Nanang kepada wartawan, dikutip Senin, 9 Januari 2023.

Nanang menambahkan ada sekitar 45 kusir delman yang mencari nafkah di sekitar Monas dan Bundaran HI. Mereka keberatan terkait keputusan pemkot Jakarta Pusat yang melarang operasional delman di lokasi tersebut.

"Kami sangat keberatan dan kecewa dengan Pemkot Jakarta Pusat. Kalau mereka melarang delman di Monas, ya sama saja dengan menghilangkan budaya Jakarta," tuturnya.

Seperti ditulis Viva.co.id, larangan operasional delman yang dibuat Pemkot Jakarta Pusat ini merupakan keputusan sepihak. Sebab, para kusir delman yang beroperasi di Monas dan Bundaran HI tak pernah diajak duduk bersama untuk membicarakan larangan tersebut.

Bahkan, mengenai kotoran kuda yang dinilai mengganggu kenyamanan masyarakat pengguna jalan, kata Nanang, harusnya Pemkot Jakarta Pusat bisa membina dan memberikan solusi kepada kusir delman.

"Kalau dari saya sudah mengantisipasi dengan cara kami sediakan pewangi karbol terus ketika dia kencing kami akan siram. Tapi kan, kita hanya sedikit mencegah, tidak bisa menghilangkan bau saja," ungkapnya.