Banjir di Grobogan Terus Meluas, Ribuan Rumah Terendam

Banjir di Grobogan Terus Meluas, Ribuan Rumah Terendam
Banjir di Grobogan Terus Meluas, Ribuan Rumah Terendam (Foto : antvklik-Slamet Prayitno)

Antv – Banjir di wilayah Grobogan, Jawa Tengah, yang berlangsung sejak Minggu (1/1/2023) kemarin, terus meluas hingga merendam ribuan rumah warga di sejumlah desa. 

Berdasarkan data BPBD Grobogan, hingga Senin (2/1/2022) pagi, tercatat ribuan rumah di empat kecamatan di Kabupaten Grobogan terendam banjir. 

Kepala Pelaksana BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih menyampaikan Intensitas curah hujan yang tinggi baru-baru ini menyebabkan debit air sungai Lusi meningkat hingga berujung over kapasitas. 

"Sehingga menyebabkan banjir di beberapa wilayah di kabupaten Grobogan. Faktor lainya adalah  air kiriman dari hulu sungai Lusi. Ketinggian air masih terus mengalami peningkatan, sehingga meluas," kata Endang, Senin (2/1/2022). 

Saat ini, kata Endang, elevasi Sungai Lusi pada pukul 10.00 masih berada di angka 9.93 meter, turun sedikit dibanding elevasi tadi pagi pada pukul 06.00 WIB dengan 9,96 meter.

Wilayah yang terdampak paling banyak ada di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Purwodadi. Sebanyak 560 rumah tergenang air dengan ketinggian air mencapai 50 cm atau setengah meter.

Wilayah lainnya yang terdampak banjir terbanyak yakni Desa Lemah putih, Kecamatan Brati. Di sana, total ada sebanyak 464 rumah tergenang air, dengan ketinggian air mencapai 50 cm.