PT KAI Daop 1 Jakarta Hadirkan Ruang Bermain di Stasiun Untuk Kenyamanan

Ruang bermain di stasiun Kereta Api Daop 1 Jakarta.
Ruang bermain di stasiun Kereta Api Daop 1 Jakarta. (Foto : PT KAI)

AntvKAI Daop 1 Jakarta menyediakan tempat bermain untuk anak-anak di Stasiun KA Jarak Jauh, diantaranya di Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Cikarang.

Lokasi tempat bermain anak juga menjadi salah satu peningkatan layanan yang dilakukan pada moment libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yakni dengan perluasan area dan penambahan jenis perangkat aktifitas bermain untuk anak seperti di Stasiun Pasar Senen dan Cikarang, termasuk menyediakan permainan digital seperti Game Zone di Stasiun Gambir.

“Peningkatan layanan tersebut dilakukan karena pada moment libur Nataru banyak penumpang yang bepergian bersama keluarga yang membawa anak kecil. Diharapkan penumpang KA yang masih anak - anak dapat bermain dengan aneka permainan yang disediakan selagi menunggu waktu keberangkatan KA-nya,” ungkap Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa melalui keterangan tertulisnya pada Kamis, 29 Desember 2022.

Namun demikian keamanan dan keselamatan anak-anak saat bermain tetap menjadi tanggungjawab orang tua maupun pendampingnya. Agar tetap terjaga, para orang tua/pendampingnya harus mengawasi anak-anak mereka saat bermain.

“Para pelanggan KA dapat memanfaatkan fasilitas layanan tambahan yang disediakan di stasiun, tentunya dengan tetap mengawasi anak yang bermain serta turut menjaga kebersihan dengan tidak memberikan makanan saat anak berada di area bermain khusus tersebut. Daop 1 Jakarta secara rutin juga melakukan proses pembersihan dan disinfeksi pada area bermain anak di Stasiun,” tambah Eva.

Adapun pada masa Nataru 2022/2023 ketiga stasiun tersebut merupakan salah satu stasiun yang cukup padat dikunjungi oleh masyarakat, baik itu untuk KA Jarak Jauh maupun KA Lokal di area Daop 1 Jakarta. Pada masa Nataru 2022/2023 Daop 1 Jakarta memprediksi peningkatan penumpang terjadi hingga dua kali lipat jika dibandingkan tahun lalu.

“Saat ini tercatat 390 ribu tiket telah terjual untuk periode masa Nataru 22 Desember 2022 s.d 8 Januari 2023. Jumlah tersebut masih akan mengalami perubahan atau meningkat, mengingat penjualan tiket untuk keberangkatan hingga 8 Januari 2023 masih dijual,” beber Eva Chairunisa.