Presiden Jokowi Akui Banyak Aset Negara yang Tidur dan Nganggur

Presiden Jokowi Akui Banyak Aset Negara yang Tidur dan Nganggur
Presiden Jokowi Akui Banyak Aset Negara yang Tidur dan Nganggur (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, banyak aset negara yang saat ini dibiarkan menganggur dan tidak produktif. Oleh karena itu, Kepala Negara mendorong peningkatan kemampuan domestik dengan memanfaatkan aset-aset negara dengan produktif. 

"Kita ini terlalu banyak membiarkan aset-aset negara, menjadi aset-aset yang tidur dan aset-aset yang nganggur. Tidak produktif," kata Presiden dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2023, di Jakarta, Rabu (21/12/2022). 

Adapun sejumlah aset-aset negara yang menganggur tersebut antara lain izin konsesi hutan dan tambang. Ia mengatakan, pemerintah telah memberikan izin konsesi baik ke swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Namun, menurutnya, konsesi tersebut tidak dimanfaatkan. Karenanya, Presiden menginstruksikan jajarannya mencabut konsesi tersebut jika tidak dimanfaatkan dengan baik. 

"Diberi izin konsesi 20 tahun dibiarkan enggak diapa-apain, 15 tahun enggak diapa-apain 10 tahun enggak diapa-apain. Sudah saya perintahkan kepada Menteri Investasi, Menteri ESDM, sudah dicabut saja konsesinya," ujarnya.

Menurutnya, lebih baik konsesi tersebut diberikan kepada pihak yang memiliki kemampuan mengelola lahan tersebut. Hal ini agar aset tersebut busa menjadi produktif dan memberikan dampak yang positif kepada ekonomi.

"Sehingga kemarin dicabut 2.078 konsesi-konsesi. Baik konsesi hutan maupun konsesi tambang," ucapnya.