Tak Mau Rumahnya Ditempel Stiker 'Miskin', Warga Minta Namanya Dicoret dari Daftar Penerima Bantuan

Tak Mau Rumahnya Ditempel Stiker 'Miskin', Warga Memilih Mundur
Tak Mau Rumahnya Ditempel Stiker 'Miskin', Warga Memilih Mundur (Foto : antvklik-Imron Danu)

Antv – Dinas Sosial Kota Blitar, Jawa Timur, memasang stiker 'Miskin' di rumah milik warga penerima Bantuan Sosial (Bansos) dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Terdapat ada 16.500 unit rumah ditempeli stiker setelah terdata menjafi penerima Rastrada, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Selasa, (20/12).

Sugiyono Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Blitar mengatakan 4 KPM itu memilih mundur dengan alasan menolak dipasangi label atau stiker yang bertuliskan "Keluarga Ini Kurang Mampu & Penerima Bansos" di dinding depan rumahnya.

"Yang jelas dari pemasangan label kurang mampu tujuan dari pemasangan label kurang mampu, harapanya yang kita berikan tepat sasaran," jelasnya.

4 KPM di Kota Blitar mundur dari Bansos Pemerintah Kota Blitar karena menolak rumahnya dipasang label atau stiker bertuliskan "Keluarga Ini Kurang Mampu & Penerima Bansos". Warga memilih mengundurkan diri dan membuat surat pernyataan.

"Mereka kesejahteraanya sudah meningkat, mampu mandiri artinya sah-sah saja, berarti bantuan kami tepat sasaran," imbuhnya.

Lebih lanjut Sugiyono mengatakan, sebelum melakukan pemasangan stiker Dinsos Kota Blitar telah melakukan sosialisasi mengenai wacana pemasangan label atau stiker di dinding depan rumah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).