Pemprov DKI Akan Tambah 70 ETLE Statis pada 2023

Kadis Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.
Kadis Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. (Foto : BNPB)

Antv –Kadis Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, pihaknya akan menambahkan 70 kamera tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) statis di Ibu Kota Jakarta.

“Tahun lalu memang ditunda karena kita pahami bahwa kapasitas fiskal Jakarta terkoreksi dampak pandemi COVID-19, dan tahun depan setelah ada pembahasan ternyata mencukupi. Oleh sebab itu ada tambahan 70 lokasi ETLE,” kata Syafrin kepada wartawan dikutip Rabu, 14 Desember 2022.

Syafrin menjelaskan, terkait ETLE statis ini telah dilakukan pembahasan alokasi pembangunan 70 lokasi ETLE statis. Sedangkan untuk ETLE mobile, kata Syafrin, pihaknya tengah menunggu surat dari Kapolda Metro Jaya dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta.

“Untuk tahun depan total yang sudah teralokasi sekitar Rp75 miliar. Itu untuk 70 titik lokasi ETLE statis yang sudah diusulkan sebelumnya,” kata Syafrin.

Seperti ditulis VIVA.co.id, Dia menambahkan, “Untuk ETLE mobile kami akan menunggu surat dari Pak Kapolda (Fadil Imran) dan Pj Gubernur (Heru Budi Hartono)."

Lebih lanjut, Syafrin pun berharap dengan adanya pendekatan aturan menggunakan ETLE ini bisa menjadi ‘tulang punggung’ untuk pihaknya melakukan penegakan hukum. Sebab, Syafrin menilai, dengan hal ini masyarakat akan lebih merasa diawasi.

“Tentu kami berharap terkait pendekatan aturan secara elektronik jadi tulang punggung kita dalam melakukan penegakan hukum. Karena dengan pola ini tentu masyarakat merasa diawasi secara terus menerus,” ujarnya.