Menteri BUMN Erick Thohir: Manfaatkan Potensi Ekonomi Digital Indonesia

Erick Thohir: Manfaatkan Potensi Ekonomi Digital Indonesia
Erick Thohir: Manfaatkan Potensi Ekonomi Digital Indonesia (Foto : Humas UI)

Antv – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta generasi muda untuk memanfaatkan potensi ekonomi digital karena perkembangannya yang sangat pesat.

"Kita perlu memanfaatkan potensi Ekonomi Digital Indonesia (EDI). Apalagi Indonesia merupakan negara dengan jumlah startup terbanyak ke-6 di dunia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sedang pesat-pesatnya mungkin tidak terulang dua kali," kata Erick dalam siaran pers yang dikeluarkan UI, seperti dikutip dari Antara, Jumat (2/12/2022).

Lebih lanjut Erick meminta, generasi muda yang penuh energi dengan ide baru mengambil kesempatan untuk berkarya, berinovasi, dan mendunia. 

"Jadilah bagian yang mengantarkan Indonesia menjadi maju, makmur, dan mendunia," ujar Erick.

"Indonesia bisa tumbuh karena memiliki empat kekuatan, yaitu hilirisasi sumber daya alam (SDA), ketahanan pangan, ekonomi kreatif, dan ekonomi digital," jelasnya.

Erick mengatakan hal tersebut saat hadir pada acara “BEM UI Trilogy–Career Talk UI, Indonesia Financial Summit, UI Digital Talk” di Balai Serbaguna Purnomo Prawiro, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI, Depok  Jawa Barat.

Menurut Erick, pada era knowledge based economy ini, yaitu era ketika pertumbuhan ekonomi didasarkan pada kemampuan berinovasi, yang terpenting bukanlah SDA dan market, melainkan sumber daya manusia (SDM).