Sedikitnya Enam Penduduk Desa Tewas Saat Terjadi Gempa di Nepal

Tim penyelamat evakuasi korban gempa di Nepal.
Tim penyelamat evakuasi korban gempa di Nepal. (Foto : Reuters)

AntvGempa bumi di Nepal barat menewaskan sedikitnya enam penduduk desa, empat di antaranya anak-anak, saat gempa itu menghancurkan rumah-rumah yang terbuat dari tanah liat dan bata di komunitas terpencil yang tinggal di kaki bukit Himalaya.

Gempa tersebut berkekuatan M6,6 terjadi pada pukul 2 pagi waktu setempat. Gempa terjadi pada dini hari Rabu (9/11/2022) ketika seluruh keluarga sedang berada di rumah dan tertidur.

Pusat gempanya terletak dekat dengan taman nasional di distrik Doti yang jarang penduduknya. Terletak di 430 km barat ibu kota Nepal, Kathmandu.

Saluran berita televisi lokal memperlihatkan tim penyelamat membersihkan puing-puing untuk mencari korban dan penyintas yang selamat.

Sementara seorang wanita terlihat duduk di tempat terbuka dengan bayi terbungkus selimut untuk melindungi mereka dari hawa dingin. Gempa juga ikut dirasakan hingga ke India Utara.

“Tim penyelamat gabungan yang terdiri dari tentara dan petugas telah dikerahkan ke lokasi dan dua helikopter bersiaga di kota Surkhet dan Nepalgunj yang berdekatan,” kata juru bicara tentara Nepal, Brigadir Jenderal Narayan Silwal.

Nepal masih terus membangun kembali setelah dua gempa bumi besar terjadi pada tahun 2015 yang menewaskan hampir 9.000 orang, menghancurkan hampir semua kota dan sejumlah kuil yang berusia berabad-abad, memberikan kerugian $6 miliar bagi perekonomian.