Tim SAR Mencari ABK Kapal yang Hilang di Perairan Kokonao Papua

Pencarian korban jatuh dan hilang di Timika Papua.
Pencarian korban jatuh dan hilang di Timika Papua. (Foto : SAR Timika)

Antv –Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika pada Sabtu (22/10/2022) menerima laporan dari Ahmad Afroni terkait informasi hilangnya seorang ABK kapal KM Agung Berkah Bahari 03 yang bernama Sutrisno (35).

Menurut pihak Basarnas, korban Sutrisno dilaporkan hilang pada Kamis (20/10/2022) pukul 22.30 WIT saat kapal sedang berlayar mencari ikan di sekitar perairan Kokonao Timika yang diduga jatuh dan hilang.

Menurut pelapor Ahmad Afroni, korban hilang saat hendak buang air besar di kapal.

“Informasi dari pengurus persatuan nelayan di daerah Dobo dijelaskan bahwa saat itu nahkoda dan kru kapal lainya sedang melakukan absen dan pengecekan untuk persiapan pengangkatan jaring. Namun disaat di cek ternyata ada salah satu ABK yakni Sutrisno yang tidak ada,” ungkap Afroni.

“Selanjutnya nahkoda dan kru kapal lainya berusaha mencari Sutrisno di setiap sudut dan ruangan kapal namun tidak menemukanya, setelah diperiksa kembali ternyata didapati satu buah celana milik Sutrisno yang tergeletak di samping toilet yang posisinya di buritan kapal, dicurigai Sutrisno terjatuh saat hendak buang air besar,” lanjutnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika George L.M. Randang melalui Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika Charles Y. Batlajery telah menerima laporan dan membenarkan laporan tersebut.

Tim Sar pada Minggu pagi (23/10/2022) pukul 06.45 WIT memberangkatkan tim SAR gabungan menggunakan RIB 400 PK milik Basarnas menuju lokasi yang dilaporkan untuk melakukan pencarian.