Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Cek Pembangunan Pompa Air Ancol Sentiong untuk Cegah Banjir

Pj Gubernur Heru Budi Tinjau Pembangunan Stasiun Pompa Ancol
Pj Gubernur Heru Budi Tinjau Pembangunan Stasiun Pompa Ancol (Foto : Putra Dwi Laksana/ANTV)

Antv –  Pemerintah pusat melalui KemenPUPR melakukan pembangunan pompa air untuk mengatasi banjir di beberapa titik di Jakarta. Salah satunya adalah proyek pembangunan Stasiun Pompa Ancol Sentiong yang berlokasi di jalan R.E Martadinata, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pembangunan pompa yang dimulai sejak 2020 ini kini sudah mencapai 51 persen.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga datang meninjau progres pembangunan ini. Pembangunan pompa yang letaknya tidak jauh dari Jakarta International Stadion ini diharapkan dapat mengatasi banjir di kawasan Underpass Kemayoran.

“Progres pengerjaan saat ini sudah mencapai 51 persen. Kami rencanakan akan selesainya pada Oktober 2023. Bulan depan, sudah ada 2 pompa yang sudah dikirim ke sini dari Inggris,” kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Bambang Heri Mulyono kepada Heru di lokasi pembangunan, Selasa (24/10/2022).

Area seluas 2.500 hektare ini nantinya akan dibangun 5 pompa air, masing-masing pompa bisa menampung air hingga 10 meter kubik per detik. Artinya, Pompa Ancol Sentiong ini bisa memompa debit air sebesar 50 meter kubik setiap detiknya.

Pompa air ini bertujuan untuk menanggulangi masalah banjir di kawasan di Sunter Utara, Sunter Selatan, Kali Item, dan Kemayoran. Dengan begitu, jika air laut naik bersamaan dengan tingginya curah hujan, kelebihan debit air ini akan dipompa dan dialirkan ke Teluk Jakarta.

“Pompa ini nanti akan melayani daerah Sunter Agung dan Sunter Jaya, dan juga akan membantu untuk melayani daerah Kemayoran kemudian juga daerah Kampung Bandan. (Proyek ini) untuk mempertahankan air meskipun nanti muka air laut naik, tetapi tetap kita akan jaga muka air di hulu itu bisa kita turunkan,” kata Bambang.