Kapal Pesiar di Swiss Diubah Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19

Kapal Pesiar di Swiss Diubah Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19
Kapal Pesiar di Swiss Diubah Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19 (Foto : )
Sebuah kapal pesiar berusia 89 tahun diubah menjadi tempat vaksinasi Covid-19 bagi ribuan penduduk kota-kota di Lake Constance, Swiss.
Sebuah kapal pesiar berusia 89 tahun diubah menjadi tempat vaksinasi Covid-19 bagi ribuan penduduk kota-kota di Lake Constance, Swiss. Dilansir dari
Reuters , kapal pesiar tersebut sebelumnya sempat tidak beroperasi karena pandemi Covid-19.Biasanya, MS Thurgau yang berkapasitas 500 orang ini, kerap membawa wisatawan dan masyarakat pergi dari dan ke Jerman serta kota-kota di sekitar danau Constance. Dalam beberapa pekan mendatang, kapal pesiar itu akan dialihfungsikan sebagai tempak vaksinasi terapung untuk kota-kota di Swiss utara, yakni Romanshorn, Arbon, dan Keuzlingen.Pejabat daerah menekankan kepraktisan kapal karena dapat berlayar dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya.“Saya pernah mendengar tentang kapal fondue dan kapal spaghetti, tetapi ini adalah kapal vaksin pertama saya,” kata Menteri Kesehatan Swiss, Alain Berset, mengutip dari Reuters .Kapal ini memiliki dua tempat vaksin yang mampu memvaksinasi 24 orang per jam dengan satu orang divaksin setiap lima menit, atau 168 orang divaksin setiap hari selama shift tujuh jam. Saat lebih banyak vaksin tiba di Swiss, tempat pemberian vaksin di kapal ini dapat diperluas menjadi delapan area.Untuk minggu pertama, kapal pesiar akan ada di Romanshorn sebelum berada di Kreuzlingen selama dua pekan. Selanjutnya, kapal akan berada di Arbon dan melakukan perjalanan kembali ke Romanshorn agar mereka yang telah divaksin lebih awal bisa mendapatkan suntikan pendorong yang diperlukan.Petugas medis mengatakan bahwa saat ini hanya vaksin Moderna yang digunakan di atas kapal karena botol 10 dosis sedikit lebih mudah disiapkan di ruangan kapal yang sempit.Seperti wilayah lain di Eropa, wilayah Lake Constance yang bergantung pada pariwisata telah dilanda pandemi. Pagar perbatasan telah didirikan sementara antara kota Constance, Jerman dan kota Kreuzlingen Swiss tahun lalu dan membuat keluarga, teman, dan pasangan terpisah berminggu-minggu.