Bek Timnas Brasil Lucio Menjadi idola Bek Persija Jakarta Otavio Dutra

Lucio Idola Otavio Dutra 1
Lucio Idola Otavio Dutra 1 (Foto : )
Bek Timnas Brasil Lucio menjadi idola bek Persija Jakarta Otavio Dutra. Lucio yang menjadi tulang punggung Timnas Brasil dan Bayern Munchen merupakan sosok pemain legenda yang  menjadi idola bek Persija Jakarta Otavio Dutra.
Penampilan Lucio baik saat berseragam Bayern Munich maupun ketika memperkuat Selecao tampil di even internasional membuat kagum bek asal Brasil Otavio Dutra. Pemain belakang kelahiran Fortaleza, Brasil 28 Februari 1983 ini mengaku sangat mengagumi permainan Lucio sebagai palang pintu timnya. Karena itu Dutra selalu mengikuti dan mencontoh cara bermain Lucio.“Di Brasil saya sangat menyukai Lucio. Sudah bukan rahasia lagi sudah banyak gelar yang ia raih termasuk juara Piala Dunia 2002 lalu. Ia dapat membaca permainan, mengamankan gawang dari kebobolan dan juga mencetak gol,” kata Otavio Dutra.Tidak heran jika penampilan Otavio Dutra di tim Liga Indonesia selalu energik dan lugas menghentikan serangan lawan. Dutra yang didatangkan oleh Persebaya Surabaya dari klub asal Brasil Macae Esporte Futebol Clube pada tahun 2010 merupakan bek multifungsi.Sejak memperkuat Persebaya Surabaya di Liga Indonesia musim 2010-2012 Dutra mampu menjalankan fungsinya sebagai penyelamat timnya dari kebobolan dalam tugas pokoknya seorang bek.Namun dengan mencontoh pemain idolanya bek tangguh Bayern Munich Lucio, Dutra juga sering membantu serangan timnya dan sering mencetak gol penting. Dari 52 kali penampilannya dengan tim Bajul Ijo, Dutra berhasil mencetak 3 gol.Kehebatannya dalam membantu serangan dan mencetak gol makin ditunjukkan saat bergabung dengan Persipura Jayapura musim 2012–2013. Meski hanya bermain satu musim untuk Tim Mutiara Hitam, Dutra sukses mencetak 10 gol dari 34 penampilannya bersama Persipura Jayapura.[caption id="attachment_340863" align="alignnone" width="900"]
Persija Jakarta Otavio Dutra Lucio Bek Persija Jakarta Otavio Dutra mencontoh dan mengikuti gaya permainan idolanya bek Timnas Brasil Lucio yang merupakan sosok pemain panutan Otavio Dutra. (Foto : Persija Jakarta)[/caption]Dutra mengaku memiliki sosok inspirasi atau pemain yang menjadi panutannya yang membantu dirinya mengembangkan gaya permainan sepakbola sebagai bek modern. Pemain yang kini berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) itu pun menjadikan mantan bek Timnas Brasil dan Bayern Munchen, Lucio, sebagai panutannya.Meski sudah menginjak usia cukup tua sebagai pemain sepakbola profesional saat ini, Dutra masih tangguh di lini belakang dan tajam saat membantu serangan. Bersama tim barunya di Liga 1 Indonesia yaitu Persija Jakarta, Otavio Dutra telah mencetak satu gol pada partai debutnya melawan Bhayangkara FC 14 Maret 2020.Dutra dan Lucio memang memiliki kesamaan visi bermain. Selain sama-sama berpostur jangkung, kedua bek Brasil ini juga mumpuni dalam mencetak gol dari sundulan maupun sepakan keras, terutama bola mati. Sayang aksi Dutra bersama tim Macan Kemayoran terhenti karena kompetisi Liga 1 dihentikan sementara oleh PSSI akibat wabah Pandemi virus Corona.