Tahukah Kamu Lagu Ikonik Jamal Kudu dari Film India Animal Ditulis Oleh AI?

Lagu Jamal Kudu di Film Animal
Lagu Jamal Kudu di Film Animal (Foto : Tangkapan Layar)

Antv – Karakter Bobby Deol dalam film Animal, Abrar, telah menciptakan kehebohan, khususnya untuk lagu entrinya ‘Jamal Kudu’ yang menjadi heboh di media sosial. Lagu tersebut, yang merupakan versi revisi dari lagu populer Iran berjudul ‘Jamaal Jamaaloo’.

Lagu tersebut telah menjadi trending sensasional di media sosial, dengan para penggemar yang membuat reel dan menjadikannya calon pesaing untuk lagu terbaik tahun ini dari Animal.

Terlepas dari popularitasnya dari film Animal, banyak orang merasa kesulitan untuk terhubung dengan lagu tersebut karena liriknya yang berbahasa Iran. Untuk itu, AI dimanfaatkan untuk menerjemahkan dan menulis ulang lagu tersebut dalam bahasa Hindi, dengan membayangkan tafsiran dari penulis lirik Bollywood legendaris seperti Gulzar, Javed Akhtar dan lainnya.

Terjemahan lepas dari lirik Iran memberikan gambaran sekilas tentang kedalaman emosional lagu tersebut, mengungkapkan tema patah hati dan kerinduan. AI kemudian mengubah sentimen ini ke dalam bahasa Hindi, mencoba menangkap esensi komposisi asli Iran.

Hasilnya sangat menarik, dengan ‘Jamal Kudu’ versi Hindi yang dihasilkan AI menyaingi, dan dalam beberapa pendapat, melampaui ‘Channa Mereya’ karya Ranbir Kapoor dalam aspek-aspek tertentu.

Melansir dari Masala pada Senin, 11 Desember 2023, kita akan melihat bagaimana tafsiran lirik dari para penulis lirik lagu India legendaris terhadap lagu ‘Jamal Kudu’.

 

img_title
Bobby Deol dan Ranbir Kapoor di film Animal. (Foto: Tangkapan Layar)

 

Lagu Jamal Kudu Versi Gulzar Menurut AI

Jika ditulis oleh Gulzar, lagu tersebut memiliki kualitas yang puitis dan menggugah jiwa, menekankan kepedihan karena patah hati dan perjalanan protagonis yang mirip dengan Majnu.

O Kaali Aankhon Wali, Sitam Naa Dhaana Dil Par

Tumne Jo Chhoda Mujhko, Majnu Sa Bhatakta Hun Har Dar

Har Saans Mein Tera Naam, Har Dhadkan Mein Tu

Chal Chhod, Noor Se Bhar Duniya, Chamak Chamak Tu

Aankhon Mein Qaid Hai Dil Kab Tak Dhadkega

Bechain, Na Sukoon, Naa Kuch Bhi Ye Lega

Naa Chahiye Kuch Bus Ek Tu,