Bukan Shah Rukh Khan dan Amitabh Bachchan, Ternyata Ini Sosok Aktor Pertama di India!

Dattatraya Damodar Dabke, aktor pertama di India
Dattatraya Damodar Dabke, aktor pertama di India (Foto : India Forums)

Antv – Para pecinta Bollywood dan film-film India tentu mengenal lebih banyak soal Shah Rukh Khan dibandingkan dengan aktor-aktor lainnya. Tapi, jika ditelusuri secara mendalam ada banyak aktor lain yang menarik untuk diangkat ke permukaan, salah satunya Dattatraya Damodar Dabke.

Aktor India yang juga dikenal sebagai DD Dabke ini memainkan peran utama dalam Raja Harishchandra, film bisu pertama yang dibuat di India. Di sana, ia beradu akting dengan Anna Salunke.

Seperti dilansir dari Indiatvnews pada Kamis, 23 November 2023, film ini disutradarai oleh Dadasaheb Phalke pada tahun 1913 silam dan dibintangi juga oleh Bhalchandra Phalke dan Gajanan Vasudev Sane.

DD Dabke muncul dalam 3 film layar lebar tambahan, Satyavadi Raja Harishchandra (1917), Lanka Dahan (1917), dan Shri Krishna Janma (1918), sebelum bekerja sebagai sutradara dan sinematografer. Dia juga menyutradarai remake film Raja Harishchandra tahun 1924.

Film pertama Dabke sebagai aktor utama ditayangkan perdana pada 21 April 1913, di Teater Olympia di Bombay dan dirilis secara teatrikal pada 3 Mei 1913, di Coronation Cinematograph dan Variety Hall di Girgaon. Film tersebut sukses secara komersial dan meletakkan dasar bagi industri film India.

 

img_title
Dattatraya Damodar Dabke, aktor pertama di India. (Foto: Indiatvnews)