Alia Bhatt Terpilih untuk Memerankan Ma Anand Sheela di Film Biopik, Menggantikan Priyanka Chopra

Alia Bhatt Terpilih untuk Memerankan Ma Anand Sheela di Film Biopik, Menggantikan Priyanka Chopra
Alia Bhatt Terpilih untuk Memerankan Ma Anand Sheela di Film Biopik, Menggantikan Priyanka Chopra (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Bintang global Bollywood Priyanka Chopra dan Alia Bhatt, disebut-sebut akan memerankan Ma Anand Sheela dalam dua film biografi atau biopik yang berjudul 'Ma Anand Sheela'.

Akan tetapi, Ma Anand Sheela baru-baru ini mengungkapkan bahwa ia menginginkan aktris Gangubai Kathiawadi Alia Bhatt yang memerankan dirinya dalam film biografi tersebut.

Dalam sebuah wawancara yang dibagikan di saluran YouTube Daasta, Ma Anand juga mengungkapkan bahwa Priyanka tidak meminta izin kepadanya sebelum mengumumkan proyek yang didasarkan pada kehidupannya.

"Dia tidak pernah meminta saya secara resmi. Sutradara juga tidak pernah bertanya. Saya hanya ditanya tentang hal ini oleh para wartawan. Pilihan saya adalah Alia Bhatt, karena ketika saya masih muda, saya mirip dengannya," tambahnya.

Ma Anand Sheela, yang nama aslinya adalah Sheela Birnstiel, adalah seorang tokoh kontroversial yang dikenal karena perannya sebagai sekretaris pribadi dari Bhagwan Shree Rajneesh (juga dikenal sebagai Osho).

Berikut ini adalah profil dan biografi singkat Ma Anand Sheela:

Nama Lengkap: Sheela Birnstiel (nama asli), Ma Anand Sheela (nama sannyasin)

Tanggal Lahir: 28 Desember 1949

Tempat Lahir: Baroda, India

Profil Singkat:

Sheela Birnstiel dikenal luas karena peran utamanya dalam kelompok komunal Bhagwan Shree Rajneesh di Oregon, AS, pada tahun 1980-an.

Ia lahir di India dan mendapatkan pendidikan di Amerika Serikat sebelum kembali ke India dan bergabung dengan kelompok spiritual Bhagwan.

Ia menjadi salah satu tokoh kunci dalam manajemen kelompok tersebut dan diangkat sebagai sekretaris pribadi Bhagwan Shree Rajneesh.

Biografi Singkat:

Sheela Birnstiel lahir di India pada tahun 1949 dan mendapatkan pendidikan di Amerika Serikat, di mana ia belajar hotel dan manajemen rumah sakit.

Setelah kembali ke India, ia bergabung dengan komunitas Bhagwan Shree Rajneesh pada awal 1970-an.

Pada tahun 1981, ia menjadi sekretaris pribadi Bhagwan dan memegang peran penting dalam manajemen komunitasnya.

Selama tahun-tahun di Oregon, kelompok ini terlibat dalam berbagai kontroversi, termasuk konflik dengan otoritas setempat, pembelian tanah yang besar untuk komunitasnya (Rajneeshpuram), dan berbagai tindakan ilegal, termasuk pemalsuan surat suara dalam upaya untuk mempengaruhi pemilihan umum di Oregon.

Pada tahun 1985, Sheela Birnstiel melarikan diri dari komunitas dan pergi ke Jerman. Ia kemudian ditangkap dan diadili atas sejumlah tindakan kriminal, termasuk usaha pembunuhan terhadap tokoh oposisi dalam komunitasnya.

Ia dihukum penjara dan menghabiskan beberapa tahun di penjara sebelum dibebaskan.

Setelah pembebasannya, Ma Anand Sheela pindah ke Swiss dan mendirikan rumah perawatan untuk orang tua.

Selama bertahun-tahun, ia mempertahankan hubungan yang kontradiktif dengan warisan Bhagwan Rajneesh, terkadang memuji dia dan terkadang mengkritiknya.

Ia juga menjadi subyek dari berbagai film dokumenter dan buku yang menggambarkan perannya dalam kelompok Rajneesh.

Perannya dalam kelompok Rajneesh dan peristiwa-peristiwa yang terjadi selama masa itu membuat Ma Anand Sheela menjadi figur yang sangat kontroversial dan mendapatkan perhatian yang signifikan dalam sejarah gerakan keagamaan baru dan gerakan komunal di Amerika Serikat.

Ia menjadi pusat perhatian setelah film dokumenter Wild Wild Country dirilis di Netflix pada tahun 2018.