Pengadilan Tinggi Bombay Membolehkan Seniman Pakistan Berkiprah di Industri Hiburan India

Pengadilan Tinggi Bombay Membolehkan Seniman Pakistan Berkiprah di Industri Hiburan India
Pengadilan Tinggi Bombay Membolehkan Seniman Pakistan Berkiprah di Industri Hiburan India (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Setelah Pemerintah India mengizinkan tim kriket Pakistan untuk berpartisipasi dalam Piala Dunia yang diselenggarakan di India, Pengadilan Tinggi Bombay menolak permohonan untuk melarang artis-artis Pakistan di negara tersebut.

Pengadilan Tinggi Bombay menolak sebuah petisi yang menyerukan larangan total bagi warga negara, perusahaan dan organisasi India untuk melibatkan para seniman Pakistan, yang meliputi para aktor, penyanyi, musisi, penulis lirik dan teknisi dalam proyek-proyek mereka.

Sebuah divisi yang terdiri dari Hakim Sunil B Shukre dan Hakim Firdosh P Pooniwalla mengamati bahwa petisi ini merupakan sebuah langkah mundur dalam mempromosikan keharmonisan budaya, persatuan dan perdamaian, dan tidak ada manfaatnya.

"Seseorang yang memiliki hati yang baik akan menyambut baik di negaranya setiap kegiatan yang mempromosikan perdamaian, keharmonisan, dan ketenangan di dalam negeri dan melintasi perbatasan, Seni, musik, olahraga, budaya, tarian dan lain sebagainya merupakan kegiatan-kegiatan yang berada di atas kebangsaan, budaya dan negara dan benar-benar membawa perdamaian, ketenangan, persatuan dan keharmonisan di dalam negara dan antar negara," kata pengadilan tersebut.

Petisi, yang diajukan oleh seorang pekerja industri perfilman, meminta Kementerian Informasi dan Penyiaran, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Dalam Negeri untuk mengeluarkan pemberitahuan yang sesuai yang akan menegakkan larangan bagi para seniman Pakistan dan mencegah penerbitan visa bagi mereka.

Meskipun demikian, pengadilan membuat sebuah pengamatan bahwa melayani petisi semacam itu akan merusak langkah-langkah positif yang diambil oleh pemerintah India untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan internasional.

Salah satu langkah yang disebutkan adalah mengizinkan tim kriket Pakistan untuk berpartisipasi dalam Piala Kriket Dunia yang diselenggarakan di India, seperti yang dilaporkan oleh Live Law.

Pengadilan juga mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan yang mempromosikan perdamaian, keharmonisan, dan ketenangan, termasuk seni, musik, olahraga, budaya, dan tarian, melampaui batas-batas negara dan berkontribusi pada persatuan dan harmoni di dalam dan di antara bangsa-bangsa.

Diketahui, aktor Pakistan, Fawad Khan, telah membintangi film-film India seperti, 'Kapoor & Sons' dan 'Ae Dil Hai Mushkil'.

Sementara Mahira Khan telah membintangi film 'Raees' yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan.

Demikian [ula aktris Saba Qamar membintangi film 'Hindi Medium' yang dibintangi oleh Irrfan Khan.

Penyanyi seperti Atif Aslam dan Rahat Fateh Ali Khan sebelumnya telah bernyanyi untuk film-film India.