Jawan Angkat Tragedi Berdarah di India, Dr Kafeel Khan Tulis Surat untuk Shah Rukh Khan

Adegan tragedi Gorakhpur di film Jawan yang dimaksud Dr Kafeel Khan
Adegan tragedi Gorakhpur di film Jawan yang dimaksud Dr Kafeel Khan (Foto : Tangkapan Layar)

Antv – Dr Kafeel Khan seperti diketahui sempat menyebatkan bahwa dia adalah inspirasi di balik salah satu isu yang diangkat dalam film Shah Rukh Khan terbaru, Jawan.

Dia baru-baru ini telah menulis surat kepada bintang Bollywood tersebut dan menunjukkan apresiasinya kepada aktor India tersebut karena telah menyoroti subjek tersebut.

Sanya Malhotra berperan sebagai seorang dokter di Jawan yang disalahkan atas kematian beberapa anak di rumah sakit padahal pelaku sebenarnya adalah korupsi dan kurangnya fasilitas yang memadai.

Banyak penggemar percaya bahwa karakternya didasarkan pada Dr Kafeel Khan. Terlepas dari upaya untuk rumah sakit, 63 anak meninggal karena Sindrom Ensefalitis Akut pada tahun 2017 dan pemerintah Uttar Pradesh kemudian memenjarakannya karena kelalaiannya.

Dalam suratnya yang ditujukan kepada aktor dan produser film Jawan yang dilansir dari Hindustan Times pada Kamis, 5 Oktober 2023, Dr Kafeel menuliskan bahwa ia telah menonton Jawan dan merasa terdorong untuk menyampaikan apresiasi mendalamnya pada filmmaker Jawan yang menjadikan sinema sebagai sarana mengatasi masalah sosial-politik.

“Penggambaran film yang mengharukan mengenai insiden tragis Ensefalitis Gorakhpur telah meninggalkan bekas yang tak terhapuskan di hati saya. Sebagai seseorang yang memiliki hubungan pribadi degan insiden tersebut dan dampaknya, saya sangat tersentuh oleh keputusanmu untuk membawa cerita ini ke layar,” ungkapnya.