Terungkap, Ada Kemiripan Cerita Antara Jawan Shah Rukh Khan dengan Aakhree Raasta Amitabh Bachchan

Terungkap, Ada Kemiripan Cerita Antara Jawan Shah Rukh Khan dengan Aakhree Raasta Amitabh Bachchan
Terungkap, Ada Kemiripan Cerita Antara Jawan Shah Rukh Khan dengan Aakhree Raasta Amitabh Bachchan (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Beredar kabar jika film Jawan yang dibintangi superstar Bollywood Shah Rukh Khan memiliki kemiripan cerita dengan film Aakhree Raasta yang dibintangi aktor veteran Bollywood Amitabh Bachchan. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang kemiripan itu.

Setelah film Shah Rukh Khan, Jawan tayang di bioskop, banyak penggemar film berspekulasi bahwa beberapa poin-poin penting dari film sutradara/penulis Atlee terinspirasi dari film Amitabh Bachchan, Aakhree Raasta yang tayang di tahun 80-an.

Para penonton dapat menarik beberapa kesamaan antara kedua film ini, dimana kedua cerita ini menampilkan plot yang sama tentang seorang anak yang mencari pembalasan untuk ayahnya yang tercemar.

Kebetulan lainnya adalah fakta bahwa kedua film ini menampilkan pemeran utama sebagai seorang polisi.

Seorang analis film dan sejarawan Dilip Thakur saat ditanya oleh ETimes menjelaskan kemiripan antara kedua film ini.

Thakur mengatakan, "Plot Aakhree Raasta berkisar pada seorang ayah dan anak. Jaya Prada adalah tokoh utama dari film ini. Dalam film ini, Tinu Anand, Sadashiv Amrapurkar dan Kader Khan mencoba untuk melecehkan Jaya Prada dan akibatnya ia meninggal. Karakter Amitabh Bachchan menjadi tua dan putranya (Amitabh muda) menjadi seorang inspektur polisi. Amitabh tua melakukan pembalasan dendamnya selangkah demi selangkah. Inspektur muda Amitabh mencoba untuk menyelidiki siapa pembunuhnya. Itulah ceritanya."

Thakur berpendapat bahwa di luar dari kesamaan-kesamaan yang terlihat jelas, Jawan dan Aakhree Raasta merupakan film yang sangat berbeda.

Mengingat beberapa trivia yang menarik tentang film Bachchan, Thakur menambahkan, "Film ini merupakan sebuah film semi-fit. Disutradarai oleh K. Bhagyaraj, Aakhree Raasta merupakan sebuah film remake dari film Tamil Oru Kaidhiyin Diary yang dibintangi oleh Kamal Haasan. Pada masa itu, film-film Kamal Haasan sering dibuat ulang. Aakhree Raasta dirilis pada tahun 1986 dan pada saat itu karir Amitabh Bachchan sedang menurun. Sebelum itu ia membuat film Mard yang menjadi hit tetapi laporan film tersebut tidak bagus. Ia disebut-sebut sebagai pahlawan paruh baya selama tahun 80-an. Ia melakukan kesalahan dengan beberapa pilihan naskah."

Meskipun demikian, Thakur dengan cepat menunjukkan bahwa bahkan pada masa-masa sulit, ketenaran Bachchan tetap tidak tersentuh.

Ia menjelaskan, "Ketika Amitabh Bachchan berada di masa jayanya, tidak ada aktor lain yang dapat menandinginya. Orang-orang memiliki harapan bahwa beberapa aktor pada saat itu dapat menggantikannya, tetapi hal itu tidak terjadi. Pada tahun 1986, Amitabh Bachchan juga terjun ke dunia politik dan mulai sedikit menjauh dari dunia perfilman."