Benarkah Film 'Gadar 2' Mengalahkan Rekor Box Office 'Pathaan'? Ini Kata Pakar Perdagangan

Benarkah Film 'Gadar 2' Mengalahkan Rekor Box Office 'Pathaan'?
Benarkah Film 'Gadar 2' Mengalahkan Rekor Box Office 'Pathaan'? (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Hampir 22 tahun setelah menghasilkan sebuah film laris di 'Gadar: Ek Prem Katha', Sunny Deol dan Ameesha Patel kembali dengan film 'Gadar 2' dan benar-benar mengguncangnya.

Film ini telah mengumpulkan ₹228.9 crore (setara Rp456,18 miliar) dalam waktu lima hari setelah perilisannya dan terus menciptakan keajaiban di box office.

Melihat hal ini, banyak yang mulai bertanya-tanya apakah film ini akan segera mengalahkan koleksi dari film laris Shah Rukh Khan, Pathaan, yang berada di angka ₹ 543 crore (setara Rp1,86 triliun) di pasar domestik.

Analis perdagangan film, Komal Nahta mengatakan bahwa terdapat sekitar 95 persen peluang bagi 'Gadar 2' untuk mengalahkan 'Pathaan'.

Sementara pakar bisnis film, Girish Johar merasa bahwa masih terlalu dini untuk membandingkan sebuah film baru dengan sebuah film yang telah mendominasi bioskop selama lebih dari dua bulan.

Komal Nahta mengatakan bahwa ada peluang yang "sangat kuat" bagi 'Gadar 2' untuk mengalahkan Pathaan.

Ketika ditanya tentang mengapa film ini terus melakukan dengan baik meskipun ada ulasan yang beragam hingga negatif.

"Saya rasa ulasan tidak penting. Ulasan tidak menentukan apakah sebuah film akan diterima atau tidak. Dan lebih sering daripada tidak, mereka jelas tidak penting untuk film-film massal. Ya, mereka penting untuk sinema artistik atau untuk film-film yang menarik di kelasnya. Tetapi massa tidak peduli dengan apa yang ditulis oleh wartawan atau apa yang ditulis oleh seorang kritikus. Saya pikir mereka akan menontonnya jika mereka menyukainya. Jadi promosi dari mulut ke mulut lebih penting. Promosi dari mulut ke mulut untuk Gadar 2 sangatlah positif, cara orang-orang menyerbu ruang-ruang bioskop yang 95 persen dari para kritikus gagal untuk menghargai. Menurut saya, mereka jauh dari kenyataan," ujarnya seperti dikutip dari Hindustan Times, Kamis (17/8/2023).

Peserta pameran film, Akshaye Rathi, juga menyuarakan antusiasme yang sama. Mengomentari pendapatan 'Gadar 2' dalam satu hari sebesar ₹55 crore (setara Rp110 miliar) pada Selasa (15/8/2023).

"Melihat dari lintasan yang dilaluinya, Gadar 2 mungkin dapat mengalahkan bukan hanya Pathaan, tetapi juga rekor yang ada. Film ini benar-benar sedang mengamuk saat ini. Apa yang Anda saksikan di bioskop-bioskop pada tanggal 15 Agustus di seluruh India benar-benar bersejarah. Kami semua yang berada di sektor ekshibisi film, bekerja untuk melayani para penonton kami dan memastikan bahwa mereka keluar dengan perasaan gembira. Dan apa yang telah kita saksikan pada hari Selasa benar-benar merupakan sebuah perayaan bioskop, tidak hanya untuk Gadar 2, tetapi juga untuk OMG 2, Jailer, Rocky Aur Rani Kii Prem Kahaani, Oppenheimer dan semua film yang sedang tayang di bioskop saat ini. Sangat menyenangkan untuk melihat para penonton kembali ke bioskop dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya," bebernya.

"Apa yang terjadi pada Hari Kemerdekaan ini mungkin merupakan jumlah penonton tertinggi yang pernah disaksikan untuk sebuah film dalam satu hari dalam waktu yang lama dan bisnis tertinggi dalam hal koleksi bersih yang pernah disaksikan dalam satu hari dalam sejarah perfilman India. Kami sangat bersyukur sebagai ekshibitor film dan sangat berharap bahwa momentum ini dapat terus berlanjut ketika kami akan menayangkan Ghoomer, Dream Girl 2, Jawan dan banyak film lainnya yang akan terus melanjutkan inersia ini dan membuat para penonton datang ke bioskop-bioskop dalam jumlah yang sangat besar lagi dan lagi," tambahnya.

Produser dan pakar bisnis film, Girish Johar menekankan untuk menunggu satu akhir pekan lagi untuk dapat memprediksi peluang film ini untuk mengalahkan Pathaan.

"Film ini telah menghasilkan lebih dari ₹225 crore dalam lima hari yang merupakan angka yang fantastis. Hari ini adalah hari libur parsial (Navroz) dan tidak ada rilis besar di dekatnya. Tetapi Pathaan memiliki kehadiran di layar yang lebih luas. Ada celah yang cukup besar yang harus ditutupi. Pathaan telah meraup sekitar ₹500 crore dan Gadar 2 harus meraup ₹300 crore lebih banyak untuk mengalahkannya. Masih terlalu dini untuk membandingkan lima hari Gadar 2 dengan delapan minggu," katanya kepada HT.

Menjelaskan alasan dibalik performa luar biasa dari 'Gadar 2', ia berkata, "Pada akhirnya, ada banyak nostalgia di sekitar film ini, waktunya sangat tepat dengan perilisan pada Hari Kemerdekaan dan para penonton menyukai film ini. Gadar 2 juga memiliki hubungan emosional, Sunny Deol kembali dengan penuh semangat dan ini juga merupakan sebuah film keluarga dengan dosis patriotisme, itulah alasan mengapa film ini menjadi kuat."

"Beginilah seharusnya sebuah film komersial. Pathaan tidak dipuji oleh para pengulas tetapi publik menyukainya. Publik hanya menginginkan hiburan yang mereka dapatkan dalam film ini, bahkan jika Sunny Deol menghancurkan mobil dengan palu. Ini adalah faktor yang dapat dipercaya, ini adalah tentang hiburan ... jika mereka menikmatinya dan mendapatkan uang," tambahnya.

Analis perdagangan Rohit Jaiswal juga mengatakan bahwa ada kemungkinan besar bahwa 'Gadar 2' akan mengalahkan Pathaan.

Ia telah men-tweet pada hari Selasa malam, "#Gadar2 telah mencuri perhatian dari #Jawan dengan melakukan angka-angka yang gila, kemungkinan besar akan mengalahkan bisnis India seumur hidup dari #Pathaan. Jawan harus bersaing dengan sejumlah Gadar2 bulan depan yang akan sedikit sulit karena tampil di level seperti itu tidak pernah mudah secara beruntun dalam kurun waktu 30 hari .... #ShahRukhKhan."

Disutradarai oleh Anil Sharma, film 'Gadar 2' juga dibintangi oleh Utkarsh Sharma, Manish Wadhwa, Gaurav Chopra, Simrat Kaur, Luv Sinha, Rakesh Bedi dan Dolly Bindra.

Film ini dirilis bersamaan dengan film 'OMG 2' dari Akshay Kumar pada tanggal 11 Agustus 2023.