10 Film Bertema Perjuangan dan Patriotik yang Ditonton saat Perayaan Kemerdekaan India

10 Film Patriotik yang Ditonton saat Perayaan Kemerdekaan India
10 Film Patriotik yang Ditonton saat Perayaan Kemerdekaan India (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Terdapat banyak peristiwa dalam sejarah India yang sangat penting bagi setiap warga negaranya, tetapi dalam sejarah modern India, tidak ada peristiwa yang lebih besar daripada tanggal 15 Agustus, yang dengan bangga kita rayakan sebagai Hari Kemerdekaan, hari ketika India membebaskan diri dari belenggu Kerajaan Inggris.

15 Agustus, menandai sebuah perubahan dramatis dalam perjalanan seluruh dunia di mana India, yang telah dikuras hingga tetes terakhir, dilucuti dari hampir seluruh kekayaan dan kejayaan sejarah dan peradabannya terlahir kembali, tepat pada tengah malam 77 tahun yang lalu pada tahun 1947.

Merayakan Hari Kemerdekaan India yang ke-77, berikut ini adalah beberapa film terbaik yang dapat ditonton saat merayakan semangat patriotik dari seluruh bangsa dan menyelami sejarah baik sebelum dan sesudah kemerdekaan India:

1. 1971

Drama perang bersejarah yang disutradarai oleh Amrit Sagar yang dibintangi oleh Manoj Bajpayee, Ravi Kishan, Piyush Mishra Manav Kaul, Deepak Dobriyal, Chittaranjan Giri, Kumud Mishra dan Vivek Mishra yang dirilis pada tahun 2007 ini, merupakan sebuah film klasik Bollywood yang terlupakan.

Film ini bercerita tentang para tawanan perang India dari Perang Pembebasan Bangladesh tahun 1971.

Ini merupakan sebuah fakta yang terdokumentasi dengan baik bahwa penyerahan diri Pakistan selama perang tahun 1971 merupakan penyerahan diri terbesar pasca Perang Dunia ke-2 dengan lebih dari 93,000 tawanan perang Pakistan yang ditawan oleh Angkatan Darat India, tetapi lebih dari 58 tawanan perang India juga ditawan oleh Angkatan Darat India.

Sementara India mengembalikan tawanan perang Pakistan pada tahun 1973, Pakistan tidak pernah mengembalikan tentara India yang terakhir kali dikonfirmasi masih hidup pada tahun 1988.

2. RRR

Film drama epik fiksi sejarah Telugu yang disutradarai oleh S.S Rajamouli pada tahun 2022 ini dibintangi oleh Ram Charan, NTR Junior, Ajay Devgn, Shriya Saran, Alia Bhatt, Samuthirakini, Ray Stevenson, Alison Doody dan Olivia Morris yang meraih pujian secara universal.

Film ini menceritakan sebuah kisah fiksi dari dua pejuang kemerdekaan India di kehidupan nyata, Alluri Sitarama Raju dan Komaram Bheem.

Sementara kedua pejuang kemerdekaan yang bertempur di negara bagian Andhra Pradesh dan Telangana yang berbahasa Telugu ini tidak pernah bertemu dalam kehidupan nyata, film ini dengan gaya 'Inglorious Bastards' yang penuh gaya menyajikan sebuah fiksi historis di mana mereka berdua bertemu, menjadi teman baik dan berjuang bersama untuk membebaskan India dari tangan Inggris.

Film ini menerima pujian secara universal dan sangat memberikan dorongan pada nama perfilman India di seluruh dunia.

3. Netaji Subhas Chandra Bose: The Forgotten Hero

Sebuah film biografi berbahasa Hindi yang disutradarai oleh pembuat film terkenal Shyam Benegal, film ini dibintangi oleh Sachin Khedkar, Kulbhushan Kharbanda, Rajit Kapur, Divya Dutta dan Arif Zakaria, film ini bercerita tentang pemimpin legendaris India, Netaji Subhas Chandra Bose.

Sebuah film independen, film ini menyelami sejarah Bose, mencakup waktu ketika ia meninggalkan Partai Kongres, merinci kehidupan pribadinya dan bagaimana ia akhirnya membentuk Tentara Nasional India atau Azad Hind Fauj.

Film ini juga menampilkan pertemuannya dengan Adolf Hitler dan bantuan yang diberikan kepada INA oleh Tentara Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia ke-2, dan pertempuran-pertempuran yang mereka lakukan melawan Tentara India Britania di hutan-hutan Burma (Myanmar) hingga 'kematiannya' pada tahun 1945, yang hingga saat ini masih menjadi misteri.

4. Legenda Bhagat Singh

Film biografi Bollywood tahun 2002 yang disutradarai oleh Rajkumar Santoshi yang dibintangi oleh Ajay Devgan, Sushant Singh, D. Santosh, Akhilendra Mishra dan Amrita Rao ini mengisahkan tentang tokoh revolusioner India yang legendaris, Bhagat Singh.

Film yang sangat memperhatikan detail sejarah ini berfokus pada kehidupan Bhagat Singh dan bagaimana ia menjadi kecewa dengan kebijakan ahimsa Gandhi.

Terinspirasi oleh gerakan Komunis Soviet Rusia, Bhagat Singh bergabung dengan Asosiasi Republik Sosialis Hindustan di bawah kepemimpinan Chandra Shekhar Azad.

Film ini juga menceritakan kisah-kisah dari rekan-rekannya, Sukhdev, Rajguru, Chandra Shekhar Azad, Batukeshwar Dutta dan Jatindra Nath Das dan bagaimana mereka meledakkan bom di Dewan Perwakilan Rakyat Inggris, membunuh John Saunders dan aksi mogok makan selama 65 hari yang berujung pada kematian Jatin Das.

Film ini memuncak dengan kematian Chandra Shekhar Azad yang menembak dirinya sendiri karena ia menolak untuk ditangkap hidup-hidup, dan pada akhirnya menggantung Bhagat Singh, Sukhdev dan Rajguru.

5. Sardar Udham

Film biografi sejarah tahun 2021 yang disutradarai oleh Shoojit Sircar yang dibintangi oleh Vicky Kaushal, Amol Parashar, Shawn Scott, Stephen Hogan dan Andrew Hill ini bercerita tentang Udham Singh yang agung dan bagaimana ia membunuh Michael O' Dwyer yang telah memerintahkan Jenderal Reginald Dyer untuk melakukan Pembantaian Jallianwala Bagh di Amritsar pada tahun 1919.

Film ini menceritakan kisah suram dan kelam tentang bagaimana Udham Singh melarikan diri dari India melalui Afghanistan hingga akhirnya mencapai Uni Soviet dan meminta bantuan mereka, yang ditolak oleh Uni Soviet.