Organisasi HAM Yahudi Kecam Film Bawaal, Sebut Rendahkan Korban Genosida

Film Bawaal
Film Bawaal (Foto : IMDb)

Antv – Film Bawaal yang diproduseri Nitesh Tiwari dan dibintangi Janhvi Kapoor menimbulkan kontroversi internasional karena badan hak asasi manusia Yahudi Simon Wiesenthal Central keberatan dengan cara film mengabungkan tragedi dalam narasinya.

Karakter utama film itu melakukan perjalanan ke situs Perang Dunia 2 dan mengunjungi kamar gas di Auschwitz. Mereka ditampilkan di dalam kamar gas dengan visual berjuang untuk bernapas. 

Dalam satu adegan Janhvi Kapoor yang berperan sebagai Nisha, bicara soal pemimpin Nazi Jerman, Hitler, ketika berbicara tentang keserakahan manusia. Dan di adegan lain, karakter menyiratkan bahwa setiap hubungan memiliki perjuangannya sendiri.

Simon Wiesenthal Center adalah organisasi hak asasi manusia Yahudi yang membela keselamatan orang Yahudi di seluruh dunia dan menyerukan anti-Semitisme dan kebencian. 

Organisasi tersebut juga bekerja untuk melestarikan ingatan orang-orang yang terbunuh selama Holocaust. Dekan Rekanan SWC dan Direktur Aksi Sosial Global, Rabi Abraham Cooper telah meminta Amazon untuk "berhenti memonetisasi" Bawaal dengan segera dan menyebut film itu "meremehkan penderitaan dan pembunuhan sistematis jutaan korban Holocaust Nazi."

"Auschwitz bukanlah metafora. Ini adalah contoh klasik dari kapasitas Manusia untuk Kejahatan," ujarnya.

"Dengan membuat protagonis dalam film ini menyatakan bahwa 'Setiap hubungan melewati Auschwitz mereka,' Nitesh Tiwari, meremehkan dan merendahkan ingatan 6 juta orang Yahudi yang terbunuh dan jutaan lainnya yang menderita di tangan rezim genosida Hitler," imbuhnya.