Ganjar Pranowo Sampaikan Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Buruh

Ganjar Pranowo Sampaikan Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Buruh
Ganjar Pranowo Sampaikan Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Buruh (Foto : Istimewa)

Antv – Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo mengutarakan komitmen dirinya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan buruh jika terpilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Ganjar memastikan, ia akan berupaya menyediakan perumahan bagi para buruh yang bekerja dekat dengan pabrik masing-masing.

Rencananya tersebut disampaikan oleh Ganjar saat mengunjungi PT UNIPRES Indonesia di Industri Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat, pada Jumat (17/11/2023).

Ganjar Pranowo mengatakan, bahwa dirinya sudah berpengalaman dalam membuat sejumlah program relevam selama menjabat gubernur Jawa Tengah (Jateng), seperti menjamin pendidikan anak-anak buruh, kesehatan buruh dan keluarganya, serta sistem transportasi efisien yang dapat membantu mobilisasi buruh.

"Mereka rata-rata pengeluarannya boros di sini, maka apabila perumahannya dekat, ada rusunawa, rusunaminya dekat pabrik, maka akan sangat mengurangi akomodasi," ucap Ganjar pada kesempatan tersebut.

Ganjar juga mengaku selalu meminta kepada para pihak developer yang ingin membangun kawasan industri untuk menyediakan perumahan di sekitar pabrik. Menurut Capres berambut putih itu, hal ini dapat mengurangi biaya akomodasi buruh dengan cukup signifikan.

"Kalau ada kawasan industri semacam ini, kita akan minta di sebelahnya ada satu space untuk perumahan, jadi orang tinggal jalan kaki, ini akan menghemat. Maka pendapatan itu akan makin bisa tercukupi karena adanya insentif ini, saya katakan ini sebuah insentif," jelas Ganjar Pranowo.

Lebih lanjut, Ganjar juga mengatakan bahwa pengembangan transportasi umum di sekitar pabrik juga harus turut dilakukan.

Ia mengaku yakin bahwa langkah-langkah yang terukur ini akan membawa perubahan positif dalam mewujudkan kesejahteraan bagi tenaga buruh Indonesia.

"Ini kalau kita bisa menggunakan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan regulasi terkait upah buruh," ujar Ganjar.

Ganjar mengungkapkan komitmennya untuk membuat berbagai kebijakan lain yang sesuai dengan kebutuhan para buruh.

Ia juga tidak lupa mengapresiasi PT UNIPRES yang telah berhasil memproduksi bodi kendaraan untuk berbagai merek dengan mempekerjakan tenaga kerja yang sebagian besar berasal dari Indonesia.

Ganjar kemudian menjelaskan, banyaknya buruh pekerja asal Indonesia memberikan sebuah peluang besar bagi kita semua, untuk mempelajari teknologi, budaya, serta kecanggihan kinerja untuk dapat berperan penting memajukan Indonesia ke depannya.

"Ada total empat ekspatriat di sini, yang lain adalah orang asli Indonesia. Ini adalah sebuah peluang besar bagi kita untuk belajar. Jika kita bisa mengembangkan dan meniru tidak hanya dari teknologi mereka, tetapi juga budaya kerja, kecanggihan, dan kinerja mereka, maka kita memiliki potensi untuk menjadi negara maju," pungkas Ganjar Pranowo.

Seperti yang diketahui, Ganjar maju bersama Calon Wakil Presidennya (Cawapres) Mahfud MD di Pilpres 2024. Pasangan capres-cawapres itu diusung oleh PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo. Pasangan tersebut mendapat nomor urut 3 dalam kontestasi mendatang.