Indibiz Kolaborasi dengan PNM dan SMESCO Ciptakan Ekosistem Solusi Dunia Usaha

PNM dan SMESCO Ciptakan Ekosistem Solusi Dunia Usaha
PNM dan SMESCO Ciptakan Ekosistem Solusi Dunia Usaha (Foto : Istimewa)

AntvIndibiz, Ekosistem solusi digital dunia usaha mengukuhkan diri sebagai entitas bisnis dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang berfokus pada segmen business to business sektor usaha kecil dan menengah.

Hal ini sejalan dengan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) Indibiz bersama PT Permodalan Nasional Madani (Persero) dan Smesco Indonesia Company guna meningkatkan kedalaman penetrasi pemberdayaan dunia usaha Indibiz.

Seperti yang diketahui setidaknya ada 64 juta unit usaha di Tanah Air. Jumlah yang besar tersebut menjadi tantangan yang perlu pendalaman pemahaman tepat untuk bisa mendukung para pelaku usaha nasional.

Pemilahan dan identifikasi permasalahan sesuai karakteristik masing-masing seperti pembiayaan perlu dilakukan agar output yang dihasilkan sesuai harapan.

PNM sendiri lembaga keuangan yang berfokus pada pembukaan akses modal bagi pelaku usaha kecil. Ada setidaknya 15 juta nasabah PNM yang berpotensi mendapatkan solusi digital dunia usaha dari Indibiz.

Begitu juga dengan Smesco yang menaungi jutaan dunia usaha untuk mendapat kesempatan capacity building dari sentuhan digitalisasi Indibiz.

“Untuk membantu mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan bagi pelaku dunia usaha, Indibiz menggunakan empat pilar utama salah satunya adalah kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan,” kata Direktur Entreprise & Business Service Telkom FM Venusiana.